Bantuan Tak Merata, Beban Rakyat Kian Berat

Bantuan Tak Merata, Beban Rakyat Kian Berat
Rochi SK Pasaribu, SP. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tidak adanya database yang akurat berapa jumlah masyarakat miskin membuat bantuan bencana Covid-19 tidak merata. Bila terus dibiarkan kondisi itu akan kian membebani masyarakat.

Politikus muda Rochi SK Pasaribu, SP menyoroti tak meratanya bantuan tersebut, kepada Analisadaily.com, Minggu (25/4) ia menjelaskan bahwa seharusnya pemerintah memiliki data yang akurat.

"Masyarakat, perusahaan dan relawan telah bergotong-royong. Mulai dari membagikan sembako sampai menyemprotkan disinfektan, namun masih banyak saya jumpai masyarakat yang belum terbantu," ujarnya.

Staf ahli DPR RI Masinton Pasaribu ini mengatakan dua pokok masalah kenapa bantuan itu tidak merata.

Pertama, imbuhnya, kita tidak memiliki database yang akurat, yang memastikan jumlah keluarga miskin, keluarga yang benar- benar sesuai kriteria yang ditetapkan.

"Perangkat pemerintah di tingkat paling bawah tidak dibekali kemampuan yang baik, sehingga lebih mengedepankan pendekatan-pendekatan subjektif," katanya.

Berdasarkan itu, Sekretaris DPC PSI Percut Sei Tuan, Deliserdang tersebut meminta kepada masyarakat yang belum terkena bantuan dari pemerintah bisa melapor ke sekretariat DPC PSI.

"Kita akan coba fasilitasi dan menghubungkan dengan pihak pemerintah. Bila memang layak akan kita perjuangkan sampai mendapat bantuan," tegasnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi