Ribuan Hektare Kebun dan Sawah Warga di Simangambat Terendam Banjir

Ribuan Hektare Kebun dan Sawah Warga di Simangambat Terendam Banjir
Kebun dan sawah warga di Simangambat terendam banjir (Analisadaily/Tohong P Harahap)

Analisadaily.com, Simangambat - Ribuan hektare kebun sawit dan karet milik warga, serta beberapa desa di wilayah Simangambat terendam banjir akibat hujan yang mengguyur kawasan tersebut.

Informasi dihimpun Analisadaily.com, Senin (27/4), desa yang terendam berada di dekat Sungai Barumun, tepatnya di Desa Pagaran Tonga (Sunge Rodang dan Suro Dingin) Kecamatan Simangambat.

Menurut keterangan warga, banjir kali ini merupakan banjir terbesar yang terjadi selama ini melanda wilayah Simangambat dan sekitarnya. Ribuan hektare kebun sawit dan karet milik warga juga terendam banjir, serta lahan persawahan terendam banjir di Huta Baru dan Langkimat.

Ketinggian air yang mengenangi lantai rumah sejumlah penduduk di daerah tersebut antara 50 cm hingga tiga meter, seperti yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Simangambat.

Kasi Kesos Kecamatan Simangambat, Tamtam Harahap saat dikonfirmasi mengatakan, puluhan rumah yang terdampak banjir dengan kedalaman hingga kurang lebih satu lutut orang dewasa. Bahkan, akibat terjangan banjir itu akses jalan terputus.

“Ada ribuan hektare karet dan sawit terendam banjir. Saat ini sekitar 80 rumah warga juga sudah dimasuki air,” kata Tamtam.

Tamtam menambahkan, posisi desa di wilayah Simangamat tersebut memang berada dekat Sungai Barumun sehingga selalu menjadi langganan banjir. Setiap kali banjir tidak pernah sebentar dan berlangsung beberapa hari.

“Banjir kali ini terbesar yang terjadi melanda wilayah Simangambat dan sekitarnya, semoga cepat berlalu. Kita bersama aparat terkait telah turun ke lokasi untuk siap siaga dan melakukan patroli,” sebutnya.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi