KAI Divre I Sumut: 1.098 Lebih Tiket Pemudik Belum Dibatalkan

KAI Divre I Sumut: 1.098 Lebih Tiket Pemudik Belum Dibatalkan
Kereta api (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Hingga saat ini ada sekitar 1.098 lebih tiket kereta api yang sudah dipesan selama masa Angkutan Lebaran 2020 Tujuan Medan-Rantau Prapat, Medan-Tanjung Balai dan Medan-Siantar atau sebaliknya, namun belum dibatalkan calon penumpang.

“Sementara tiket yang sudah dibatalkan mulai 23 Maret hingga 15 Mei 2020 sebanyak 4.188 atau sekitar 79 persen dari total keseluruhan tiket dari tanggal 23 Maret sampai dengan 4 Juni 2020 yang telah terjual,” kata Pejabat Yang Melaksanakan Tugas Humas PT KAI Divre I Sumut, Ansitus Marulitua Simangunsong, Jumat (15/5).

Selama pandemi Covid-19, KAI Divre I Sumut melakukan penutupan rute kereta api jarak menengah dan beberapa jarak dekat. Terlebih lagi, pemerintah telah memutuskan untuk melarang masyarakat mudik mendekati Hari Raya Idul Fitri.

Terkait hal itu, PT KAI mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan pembatalan tiket masa angkutan lebaran yang telah dimiliki melalui aplikasi KAI Access ataupun datang langsung ke stasiun.

“Untuk pembatalan tiket yang dilakukan di stasiun pengembalian bea dilakukan secara tunai pada saat itu juga, sedangkan tenggang waktu pengembalian untuk pembatalan melalui aplikasi KAI Access maksimal 3 hari sejak pembatalan melalui transfer. Ketentuan tersebut berlaku untuk pembatalan mulai 30 April dampai 4 Juni 2020, sedangkan untuk keberangkatan kereta api masa angkutan Lebaran 2020 yakni mulai 14 Mei hingga 4 Juni 2020,” jelasnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut penumpang dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email [email protected], atau media sosial KAI 121.

Dengan adanya kebijakan tersebut, diharapkan dapat mempermudah masyarakat yang ingin membatalkan tiket, sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan dananya kembali secara cepat.

“Namun jika terpaksa membatalkan tiket melalui stasiun, dimohon tetap memperhatikan protokol keselamatan untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, antara lain dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak,” pungkasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi