Hadapi Pandemi Covid-19, Ketersediaan Pangan di Sumut Cukup

Hadapi Pandemi Covid-19, Ketersediaan Pangan di Sumut Cukup
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut, Dahler (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketersediaan pangan bahan pokok untuk mencukupi konsumsi masyarakat Sumatera Utara (Sumut) dipastikan cukup, bahkan hingga tiga bulan ke depan.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kominfo Sumut, Irman mengatakan, masyarakat diminta tidak khawatir dan panik di tengah pandemi virus corona Covid-19.

"Insya Allah pertanian kita masih berdaya dan kuat untuk penuhi konsumsi kita di tengah pandemi ini," ujar Irman yang juga merupakan Kepala Balitbang Sumut, Selasa (19/5).

Pernyataan ini dibenarkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut, Dahler. Seperti beras, saat ini sudah ada persediaan hingga 3 bulan ke depan. Per bulan konsumsi beras masyarakat Sumut mencapai lebih kurang 160.000 ton.

"Kurang itu bawang merah. Kita baru bisa mencukupi 40 persen hingga 50 persen. Begitu pula bawang putih. Di tengah pandemi ini, tidak ada kendala untuk memperoleh pasokan dari luar Sumut," jelasnya.

Kepala Bulog Divre Sumut, Arwakhudin Widiarso menambahkan, ketersediaan beras di gudang Bulog sebanyak 36.000 ton. Stok di gudang bulog ini siap untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan stok di tengah masyarakat.

"Selain itu, ada pula stok gula pasir hampir 1.000 ton. Menurut hitung-hitungan, stok kita masih relatif aman," tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi