Masjid Nurul Iman Terpilih Sebagai Juara Pertama Festival Lomba

Masjid Nurul Iman Terpilih Sebagai Juara Pertama Festival Lomba
Masjid Nurul Iman (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Rantauprapat - Masjid Nurul Iman Cinta Makmur Aek Nabara, Desa Pondok Batu, Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, terpilih menjadi masjid terinspiratif dan menempati posisi juara pertama dalam Festival Lomba Masjid dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam rangkaian Festival Lomba Masjid, peserta diikuti oleh sejumlah masjid di sembilan kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu dan diminta untuk mengirimkan video dengan berbagai konsep pengelolaan masjid, serta pelayanan umat sehingga mampu untuk menjadi barometer dalam kemakmuran masjid kemajuan umat Islam.

"Alhamdulilah, sebaik-baik penilaian adalah Allah Wa Jalla dan orang beriman akan menyaksikan kebaikan yang disemai orang beriman yang lain," kata Ketua Yayasan Masjid Nurul Iman yang juga Ketua DMI Kecamatan Bilah Hulu, Bukhori Fasha, Selasa (19/5).

Menurut Bukhori, video yang telah diproduksi pihaknya bertujuan menginspirasi diri sendiri untuk memberikan gambaran nyata dalam bentuk visual bahwa masjid adalah sentra kebaikan dan kemanfaatan umat untuk membangun peradaban islam serta membangun kesatuan hati.

"Mungkin hal itu pula yang mendorong niat kami untuk mengajak umat Islam berfastabiqul khairat memakmurkan masjid. Insya Allah ini awal dari cita-cita mulia," ucapnya.

Adapun kategori pemenang dalam lomba video masjid dan inspiratif adalah:

  • Juara I Masjid Nurul Iman Aek Nabara
  • Juara II Masjid Baitul Muhsinin
  • Juara III Masjid Al Muttaqin
  • Juara Harapan I Masjid Attoyibah
  • Juara Harapan II Musholla Al Amin
  • Juara Harapan III Masjid Al Hidayah.
Untuk diketahui bahwa Masjid Nurul Iman saat ini memiliki ruang yang cukup nyaman, dan respresentatif. Gedung berlantai dua ini memiliki kapasitas hingga 500 Jemaah dengan nilai pembangunannya mencapai Rp 770 juta dari sumbangan swadaya masyarakat sekitar.

Ada sekitar 214 Kepala Keluarga yang berada di sekitar masjid. Di lantai 2 juga ada aktivitas belajar taman pendidikan Al Quran, untuk anak-anak yang diberikan secara gratis.

Berikut amal usaha Masjid Nurul Iman diantaranya:

  1. Taman pendidikan Alquran
  2. Baitul Mal Wat Tamwil
  3. Panti Asuhan Yatim, Piatu, fakir miskin, Muallaf, anak terlantar
  4. DapurDhuafa (Pemberian makanan gratis kepada dhuafa setiap hari)
  5. Poliklinik gratis, Rumah Bekam dan Herbal
  6. Unit Pemberdayaan Ekonomi Ummat seperti Barber Shop, Coffee Shop, Balai latihan kerja, home industri ibu rumah tangga, kedai grosir sembako
  7. Muallaf Center
  8. Unit Pengumpul Zakat Baznas
  9. CV. Nurul Iman Madani.
Rencananya juga akan dibangun rumah sakit berbasis islam yang akan berpihak kepada orang-orang kurang mampu, orang duafa yang tdak mampu membayar biaya kesehatan dengan harga yang cukup tinggi dan mahal.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi