Alasan Holyfield Tidak Membalas Gigitan Mike Tyson

Alasan Holyfield Tidak Membalas Gigitan Mike Tyson
Evender Holyfield tampak kesakitan sambil memegang kupingnya setelah digigit Mike Tyson (Metro/Getty Images)

Analisadaily.com, Las Vegas - Evander Holyfield, mengaku sangat ingin membalas dendam pada Mike Tyson selama pertarungan 1997 yang sampai membuat kupingnya berdarah-darah. Tetapi, ia memutuskan untuk tidak menggigit balik Iron Mike karena takut olahraga Boxing akan dinilai buruk.

Tyson berusaha untuk memenangkan kembali Kejuaraan WBA-nya pada tahun itu setelah Holyfield telah mengecewakan peluangnya dalam pertemuan pasangan sebelumnya di Las Vegas delapan bulan sebelumnya.

Namun, meskipun Holyfield mempertahankan gelar setelah pertarungan kedua, itu terkenal karena salah satu adegan paling aneh dalam sejarah olahraga, setelah Tyson menggigit sebagian telinga petinju berusia 57 tahun itu.

Hebatnya, setelah penghentian singkat, pertandingan berlanjut tetapi Tyson didiskualifikasi ketika dia menggigit Holyfield untuk kedua kalinya kemudian di babak ketiga.

Tyson mengklaim itu sebagai pembalasan terhadap 'headbutt' sebelumnya dari Holyfield tetapi wasit memutuskan, bahwa itu tidak disengaja.

Gigitan itu berarti Holyfield mempertahankan ikat pinggangnya tetapi pejuang kelahiran Alabama itu mengungkapkan, dia sangat ingin membalas dendam pada Tyson dengan menggigitnya kembali setelah penghentian pertama, tetapi memutuskan untuk tidak membalas karena itu akan tercermin pada olahraga.

"Dia menggigitku di telingaku dan itu hanya, itu sesuatu yang tidak pernah kau pikirkan akan terjadi," kata Holyfield pada Chris Mannix dilansir dari Metro, Selasa (26/5).

Dia lanjut menceritakan, tidak ada yang pernah berpikir seseorang akan menggigit telinga mereka. Bahkan ketika mereka menunjukkan kaset itu dan seberapa kuat lehermu. Saat itu, kata dia, ia agak dekat satu sama lain dan rasanya seperti menyandarkan telinganya ke mulutnya.

“Dia menggigit telingaku! Saya ingat betapa marah dan kesalnya saya. Saya menyadari, bahwa saya akan menggigitnya kembali,” tuturnya.

Tapi meskipun sebagian dari diriku tahu ingin menggigitnya kembali, sudut punggungku, Tim Hallmark, mengatakan dalam pertandingan, ‘orang ini akan melakukan sesuatu untukmu' dan bagiku untuk tidak kehilangan ketenangan dan semua.

“Saya memberi tahu pelatih saya Tim Hallmark untuk mengingatkan saya jika itu terjadi. Dia terus mengatakan kepada saya: 'Jaga pikiranmu pada Tuhan' tetapi saya ingin menggigitnya kembali,” sambungnya.

“Tiba-tiba terlintas di benak saya apa yang Nenek katakan; 'Mereka selalu menangkap orang yang melakukannya untuk kedua kalinya' dan jadi memutuskan untuk tidak menggigitnya dan dia menggigitku lagi.

“Lalu kita menghentikan pertengkaran dan semua itu, tetapi ketika semua dikatakan dan dilakukan, aku melakukan hal yang benar. Saya benar-benar berpikir itu menyelamatkan tinju,” kata dia.

“'Saya benar-benar percaya jika saya melakukan apa yang ingin saya lakukan karena saya ingin menggigitnya tepat di wajah seperti ini [pint untuk pipi]. "Aku memberi tahu Mike itu dan dia berkata, ‘kamu benar-benar ? Saya berkata, "Saya!" tetapi saya memikirkannya dan kemudian memikirkan apa yang akan terjadi pada permainan tinju, dengan dua pejuang terbaik saling menggigit, saling menilai; gamenya mungkin sudah berakhir, kita tidak akan membicarakan gamenya sekarang,” kenangnya.

Tyson didenda $ 3 juta dari dompet $ 30 juta untuk pertarungan dan ia dilarang bertinju selama 18 bulan. Meskipun kesulitan mereka pada saat itu, pasangan ini sekarang berteman telah menempatkan sejarah mereka di belakang mereka.

Sekarang ada prospek yang menggiurkan dari pertarungan antara keduanya akhir tahun ini. Holyfield telah berlatih lagi dengan tujuan untuk melawan Tyson dalam pertandingan eksibisi dan prospek bentrokan itu membuat lidahnya bergoyang-goyang di dunia tinju.

Namun, pemain berusia 53 tahun itu menekankan setiap pertandingan ulang harus menjadi pertandingan yang ketat dan dibatasi untuk tiga putaran tanpa keputusan.

“Saya tidak ingin tekanan pada saya. Anda hanya ingin melawan Mike karena Anda tahu Anda bisa mengalahkannya,” ucap Holyfield.

“Jika dia memukulku, aku akan memukulmu kembali, itu yang sebenarnya tentang tinju. Saya akan berusia 58 tahun, dia akan berusia 54 tahun, Anda berbicara tentang kesehatan yang baik dan melakukan hal-hal dengan cara yang benar yang menghormatinya,” tambahnya.

“Siapa saja yang saya dapatkan di atas ring, jika saya di sana bersama saudara saya, jika dia menandai saya, saya akan membalasnya. Jika Anda tidak ingin saya melempar bom, Anda sebaiknya tidak melempar bom,” tutupnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi