Awal Juni Hotel di Sumut Mulai Beroperasi

Awal Juni Hotel di Sumut Mulai Beroperasi
Salah satu hotel di Kota Medan (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Pada awal Juni 2020, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara sepakat membuka kembali operasional hotel dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI Sumut, Denny S. Wardhana ‎mengatakan, pembukaan operasional hotel dilakukan untuk menekan kerugian yang dialami para pelaku usaha.

‎"Kita bersama teman-teman pengusaha hotel di Sumatera Utara sepakat akan membuka kembali awal Juni ini dengan protokol kesehatan yang akan dikerjakan," kata Denny di Medan, Jumat (29/5).

Denny menjelaskan tingkat hunian hotel di Kota Medan terjun bebas di bawah 5%. Bila ada tamu menginap, itu adalah warga Medan‎ yang sudah bosan berada di rumah.

"Ada beberapa hotel meningkat, tapi bukan dari tamu luar kota. Kebanyakan tamu dari Medan sendiri karena sudah bosan di rumah. Peningkatkan tidak terlalu besar," jelasnya.

‎Denny berharap ke depan ada kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah Indonesia, khususnya memperbolehkan pertemuan di hotel dengan tidak melakukan mobilisasi massa dan tetap menjalan protokol kesehatan.

"Kita berharap ada kelonggaran perjalanan dinas. Kita harapkan meeting di hotel. Tidak terlalu ramai, itu menunggu keputusan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat," ucapnya.

Meski hotel kembali dibuka, Denny menjelaskan tidak seluruhnya karyawan akan kembali bekerja. Sebab itu PHRI mengharapkan bantuan pemerintah dalam mengurangi beban pelaku usaha hotel dari dampak corona.

"Kita sangat berat, kita harapkan bantuan dari pemerintah. Beban-beban yang kita hadapi seperti biaya listrik. Kita harapkan relaksasi dari pemerintah. Pemerintah bisa membantu karyawan untuk pra kerja. Tidak mungkin 100% kita buka. Kita harus bangkit sepenuhnya, saya harapkan optimal seluruh karyawan bekerja," tandasnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi