Zakky Apresiasi Predikat WTP Laporan Keuangan Pemkab Deliserdang

Zakky Apresiasi Predikat WTP Laporan Keuangan Pemkab Deliserdang
Penerimaan LKPD TA 2019. (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Deliserdang - Ketua DPRD Deliserdang, Zakky Shahri, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019.

"Kami berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan untuk tahun-tahun yang akan datang. Terus ditingkatkan dan buat lebih baik lagi. Sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan pencapaian atas kinerja," kata Zakky, Minggu (31/5).

Zakky juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada tim BPK Perwakilan Provinsi Sumut yang telah selesai mengaudit LKPD Pemkab Deliserdang TA 2019 dengan memberikan predikat opini WTP.

Penyerahan penghargaan opini WTP dilakukan langsung Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumut, Eydu Oktain Panjaitan, kepada Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan, di Aula Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Sumut, Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Jumat (29/5).

Kegitan tersebut disaksikan Ketua DPRD Deliserdang, Zakky Shahri, Sekdakab Deliserdang, Darwin Zein, Kepala Sub Auditorat Sumut III, Syafruddin Lubis, beserta Kepala OPD terkait dan tim audit BPK.

Ketua BPK Perwakilan Provinsi Sumut, Eydu Oktain Panjaitan, dalam sambutannya mengatakan, pemeriksaan laporan keuangan bertujuan untuk memberi opini. BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksaan atas kewajaran penyajian laporan keuangan.

Dengan berdasarkan kepada kesesuaian penyajian dengan Standar Audit Pemerintahan (SAP), efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan kecukupan pengungkapan telah memadai disajikan dalam Catatan atas Laporan Keuangan ( CALK).

Berdasarkan empat ketentuan tersebut, maka BPK memberikan opini WTP, yang merupakan opini WTP kedua kali berturut-turut untuk Kabupaten Deliserdang sejak Tahun Anggaran 2018.

"Kami apresiasi upaya Pemkab Deliserdang didukung oleh DPRD Kabupaten Deliserdang dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah," sebutnya.

Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan, mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Ketua BPK Perwakilan Provinsi Sumut beserta tim yang telah menilai LHP atas LKPD Kabupaten Deliserang TA 2019.

"Kami percaya kepada lembaga ini, karena Pemkab Deliserdang dalam pengerjaan LHP atas LKPD-nya terus dituntun dibimbing dan diawasi secara maksimal," pungkasmya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi