Putri Nelson Mandela, Zindzi Tutup Usia

Putri Nelson Mandela, Zindzi Tutup Usia
Zindzi Mandela, putri mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, saat berada di pemutaran perdana Royal 'Mandela: Perjalanan Panjang Menuju Kebebasan' di London 5 Desember 2013. (REUTERS/Suzanne Plunkett/File Photo)

Analisadaily.com, Johannesburg - Juru bicara Kongres Nasional Afrika (ANC), Pule Mebe mengatakan, Zindzi Mandela, putri mantan presiden Afrika Selatan dan pahlawan pembebasan, Nelson Mandela, meninggal dunia.

Zindzi Mandela, yang ibunya adalah aktivis anti-apartheid, Winnie Madikizela-Mandela, menjadi terkenal di dunia internasional ketika dia membacakan penolakan Nelson Mandela terhadap tawaran presiden PW Botha untuk kebebasan pada tahun 1985.

Penyiar negara SABC mengatakan, wanita berusia 59 tahun, yang menjabat sebagai duta besar Afrika Selatan untuk Denmark, meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Johannesburg.

Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi terkait penyebab perempuan kelahiran 23 Desember 1960 itu wafat.

“Ini tidak tepat waktu. Dia masih memiliki peran untuk dimainkan dalam transformasi masyarakat kita sendiri dan peran yang lebih besar untuk dimainkan di Kongres Nasional Afrika,” kata Pule Mabe dilansir dari Reuters, Senin (13/7).

Mabe mengatakan rincian lebih lanjut akan diberikan pada waktunya. Di samping itu, Nelson Mandela Foundation belum menanggapi permintaan komentar.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi