Hasil Tes Corona Jair Bolsonaro Kembali Positif

Hasil Tes Corona Jair Bolsonaro Kembali Positif
Presiden Brazil, Jair Bolsonaro terlihat di layar ketika dia menghadiri konferensi video tentang peluncuran kerangka kerja sanitasi dasar di Istana Planalto, Brasilia, Brazil, 15 Juli 2020 melalui konferensi video. (Reuters/Adriano Machado)

Analisadaily.com, Brasil - Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, menyampaikan kepada publik, bahwa tes virus Corona yang dijalaninya kembali positif.

Sejak terinfeksi pekan lalu, ia mengaku masih dalam kondisi sehat dan akan kembali bertugas jika hasil tesnya pekan ini negatif.

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis (16/7), pada Rabu kemarin, ia juga menuturkan akan kembali melakukan tes dalam beberapa hari lagi.

Bolsonaro, mantan kapten militer, pertama kali mengumumkan hasil diagnosisnya pada 7 Juli. Saat itu, ia mengaku hanya mengalami flu ringan.

Presiden meremehkan jumlah kematian yang terus bertambah, yang kini mencapai 74.000 lebih dengan hampir dua juta kasus terkonfirmasi Covid-19.

Menurut Bolsonaro, kondisi fisik yang baik akan mencegahnya mengalami gejala serius jika jatuh sakit.

Bolsonaro juga mengesampingkan saran para ahli medis dalam penanganan pandemi Brazil serta mendesak penguncian kota dan negara bagian diakhiri.

Selain itu, ia kerap beredar di hadapan umum tanpa masker. Tindakannya tersebut menuai kritik dari para spesialis kesehatan.

Bolsonaro juga mengaku mengonsumsi obat antimalaria hydroxychloroquine, yang belum terbukti ampuh melawan Covid-19 sekaligus yang ia dan Presiden AS Donald Trump gembar-gemborkan sebagai obat untuk virus Corona.

Tekanan Bolsonaro bagi penggunaan obat hydroxychloroquine berujung pada pengunduran diri dua menteri kesehatan Brazil di tengah pandemi. Kementerian Kesehatan Brazil kini dipimpin sementara oleh jenderal militer yang masih aktif.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi