981 Lulusan USU Ikuti Wisuda Online

981 Lulusan USU Ikuti Wisuda Online
Rektor USU Prof Runtung Sitepu memimpin prosesi wisuda yang dilakukan secara daring (online). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) untuk kali pertama dalam sejarah menggelar wisuda online (daring), Senin (20/7).

Sebanyak 981 lulusan mengikuti prosesi wisuda Periode III 2019/2020 secara online yang dipimpin Rektor USU Prof Runtung Sitepu.

Rektor mengatakan, lulusan itu terdiri dari Program Doktor 31 orang, Magister 154 orang, Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis 6 orang, Program Pendidikan dan Dokter Spesialis 16 orang, Dokter Gigi Spesialis 15 orang, Program Dokter Jenjang Magister 21 orang, Program Profesi 151 orang, Sarjana 575 orang dan Program Diploma 12 orang.

"Wisudawan kali ini terdiri dari 404 pria dan 572 wanita. Sehingga sampai saat ini total lulusan USU mencapai 219.059 orang," ujar Prof Runtung.

Rektor mengatakan, situasi pandemi Covid-19 yang belum juga mereda memaksa kita harus berlapang dada menerima kenyataan bahwa penyelenggaraan wisuda kali ini harus digelar dengan sistem yang berbeda dari yang biasa kita lakukan.

"Yaitu melalui sistem daring atau online. Mengingat belum dimungkinkannya kegiatan tatap muka dalam kerumunan yang dapat memicu lahirnya klaster baru penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Kondisi seperti yang kita hadapi saat ini tentu tak mudah untuk dilalui," katanya.

Terlebih pada momentum wisuda yang biasanya dilalui dengan khidmat dan megah di dalam ruangan, dilengkapi dengan segala atribut dan prosesi yang disambut dengan penuh sukacita sekaligus haru, baik oleh para wisudawan/wisudawati, orangtua, para dosen, pimpinan dan segenap civitas akademika USU lainnya.

Begitupun, dalam kondisi dan situasi yang serba terbatas ini, hendaklah kita tetap bersyukur karena akhirnya dapat melaksanakan wisuda meskipun melalui sistem daring atau online.

"Semoga prosesi wisuda kali ini juga mampu kita lalui dengan rasa sukacita dan kekhidmatan yang sama dengan pelaksanaan wisuda tatap muka," ujarnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi