Polda Sumut Kerahkan 1.295 Personel Dalam Operasi Patuh Toba 2020

Polda Sumut Kerahkan 1.295 Personel Dalam Operasi Patuh Toba 2020
Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam pelaksanaan Operasi (Ops) Patuh Toba 2020, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara mengerahkan 1.295 personel satuan tugas Polda dan satuan tugas wilayah. Ops Patuh Toba digelar selama 14 hari sejak 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

"Ada sebanyak 1.295 personel yang dilibatkan dalam Ops Patuh Toba 2020, terdiri satuan tugas Polda 100 dan satuan tugas wilayah 1.195," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Selasa (21/7).

Ops Patuh Toba 2020 digelar bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di Sumut. Kegiatan ini mengedepankan preemtif dan preventif, serta penindakan hukum guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap polisi lalu lintas dalam rangka pencegahan atau penularan Covid-19.

"Dalam pelaksanaan Ops Patuh Toba 2020 kita juga didukung instansi terkait," ucapnya.

Untuk target kegiatan adalah menurunnya titik lokasi kemacetan, kecelakaan lalu lintas, dan pelanggaran sesuai karakteristik wilayah masing-masing (tematik) dengan tetap memedomani protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Direktur Lantas Polda Sumut, Kombes Pol Wibowo mengungkapkan, Operasi Patuh Toba 2020 ini dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalulintas.

"Tujuannya agar masyarakat bisa disiplin berlalu lintas dan juga untuk mengurangi terjadinya kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalulintas," ungkapnya.

Dalam Operasi Patuh Toba tersebut, petugas juga melihat secara kasat mata pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna jalan.

"Sasaran kita yakni pelanggaran lalu lintas yang berpotensi terjadinya kecelakaan seperti melawan arus, terobos traffic light, over dimensi, over load, menaikkan penumpang di bak atau atap kendaraan," tambah Wibowo.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi