Minta Kadis Kesehatan Dicopot, AMMPK Kembali Berunjuk Rasa

Minta Kadis Kesehatan Dicopot, AMMPK Kembali Berunjuk Rasa
Massa AMMPK saat berdemonstrasi di depan kantor Bupati Deli Serdang. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubuk Pakam - Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Peduli Kesehatan (AMMPK) Sumatera Utara kembali melakukan demonstrasi untuk ketiga kalinya. Aksi ini menilai kinerja Bupati Deli Serdang lambat mengevaluasi Kadis Kesehatan.

Aksi yang ketiga kalinya ini juga membawa poster dan spanduk dengan tulisan "Copot Kadis Kesehatan Deliserdang".

Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Deli Serdang Hendra Boang Manalu menjelaskan, mereka sudah kali ketiga melakukan aksi. Pertama dilakukan di Pengadilan Negeri Lubu Pakam dan dua kali di Kantor Bupati Deli Serdang.

Namun, kata dia, walaupun sudah tiga kali, tapi Bupati Deli Serdang tidak merespon. Untuk itu mereka memberikan tinta merah atas kelambanan kinerja Bupati Deliserdang menyikapi kasus korban kemanusiaan di Puskesmas Tanjung Rejo.

"Minggu lalu Seketaris Dinas Kesehatan berjanji agar kami bisa beraudiensi dengan Bupati Deli Serdang. Hari ini kami menagih janji itu, tapi tidak juga ada kejelasannya," kata dia.

Hendra pun tetap mendesak untuk segera mengambil kebijakan pemecatan atau pencopotan Kepala Dinas Kesehatan yang terkesan acuh akan permasalahan hilangnya nyawa Sugiono, karena penolakan di Puskesmas dengan diduga beralasan tidak memiliki alat medis dalam menangani penyakit almarhum.

Tidak itu saja, terhadap Kepala Puskemas Tanjung Rejo, mereka juga meminta Bupati Deli Serdang untuk dicopot. Bahkan pihak penegak hukum juga diminta untuk mengadili Kepala Puskemas Tanjung Rejo karena telah lalai melaksanakan tugasnya.

Massa AMMPK ini diterima staf ahli Pemkab Deli Serdang Hasbi dan mengaku akan menyampaikan aspirasi dan tuntutan kepimpinan.

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi