Penampakan Harimau Baru Tingkatkan Upaya Pelestarian

Penampakan Harimau Baru Tingkatkan Upaya Pelestarian
Seekor Harimau tertangkap kamera di hutan barat Thailand (Reuters)

Analisadaily.com, Bangkok - Kamera trap di hutan di Thailand barat telah menangkap rekaman harimau di suatu daerah untuk pertama kalinya dalam empat tahun. Penampakan ini meningkatkan harapan atas upaya pelestarian spesies di negara Asia Tenggara itu.

Video dan foto-foto menunjukkan tiga harimau jantan berkeliaran di malam hari, termasuk pada satu titik mengintip langsung ke salah satu perangkap kamera.

Dilansir dari Asia One, Rabu (29/7), diperkirakan ada sekitar 160 harimau Indonesia yang tersisa di alam liar di Thailand. Mereka juga ditemukan di Myanmar, Laos, Vietnam, Kamboja dan China barat daya.

Menurut World Wildlife Fund, total populasi hanya sekitar 350. Secara global, diperkirakan hanya ada sekitar 3.900 harimau yang tersisa di alam liar, termasuk harimau Bengal dan harimau Siberia yang lebih besar.

Kritsana, yang telah bekerja dengan Departemen Taman Nasional Thailand, Konservasi Satwa dan Konservasi Tumbuhan dan organisasi lainnya, mengatakan penampakan itu berarti Thailand berada di jalur yang benar dalam upaya melestarikan harimau dan mangsanya.

"Langkah penting berikutnya bagi kami adalah harus mencoba dan membuat rute penghubung dari setiap kawasan hutan yang mengakomodasi mereka, agar harimau dapat berkeliaran dengan aman," kata Kritsana.

Database populasi harimau Thailand menunjukkan dua harimau telah melakukan perjalanan dari bagian utara hutan ke selatan, sedangkan yang ketiga belum didokumentasikan sebelumnya, katanya.

Thailand adalah pusat perdagangan produk satwa liar ilegal dan harimau terus menghadapi ancaman perburuan liar.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi