AP II Deklarasi 'Safe Travel Campaign'

AP II Deklarasi 'Safe Travel Campaign'
Deklarasi 'Safe Travel Campaign' (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta – Angkasa Pura (AP) II bersama stakeholder mencanangkan 'Safe Travel Campaign: Safe Airport for Safe Travel Experience' di 19 Bandara. Safe Travel Campaign pada 29 Juli hingga 4 September 2020 sekaligus menjadi deklarasi seluruh stakeholder menjaga Bandara AP II siap dalam menghadapi tantangan Covid-19.

President Director PT AP II, Muhammad Awaluddin, secara simbolis meluncurkan Safe Travel Campaign secara online bersama Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta Herson, Direktur Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan, Mohammad Alwi, Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub, Dadun Kohar, dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, Anas Maruf.

Awaluddin mengatakan, Safe Travel Campaign untuk mewujudkan pengalaman perjalanan yang aman, memastikan kesiapan operasional dan staf menghadapi adaptasi kebiasaan baru, serta membangun kembali kepercayaan dan keyakinan traveler untuk bepergian dengan pesawat. Guna mencapai tujuan tersebut, protokol kesehatan di Bandara AP II fokus pada 5 inisiatif.

“Kelima Inisiatif itu adalah Physical Distancing, Health Screening, Touchless Processing, Fasility Cleanliness & Sanitizing, dan People Protection. Penerapan inisiatif-inisiatif dilengkapi berbagai fasilitas yang memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kepercayaan publik,” kata Awaluddin, Kamis (30/7).

Safe Travel Campaign merupakan salah satu upaya menjaga kepercayaan dari regulator menyusul kemudahan regulasi yang telah diberikan. “Perlu berbagai aksi nyata dalam penegakan protokol kesehatan dan kesadaran tinggi terhadap aspek keselamatan,” jelas Awaluddin.

Kepala Otband Bandara Soekarno-Hatta, Herson mengatakan, regulator telah menetapkan protokol untuk mencegah penyebaran Covid-19 di sektor penerbangan. “Protokol itu harus dipenuhi oleh setiap stakeholder agar penerbangan dapat tetap aman dan mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Kepala KKP Kemenkes, Anas Maruf menuturkan, “Safe Travel Campaign akan membuat personel KKP Kemenkes di Soekarno-Hatta semakin sigap menghadapi adaptasi kebiasaan baru di sektor penerbangan,” ujarnya.

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon B. Prawiraatmadja menyebut, sektor penerbangan perlu memberikan kepercayaan kepada traveler mengenai amannya penerbangan melalui berbagai protokol pencegahan Covid-19.

“Kami menduking Safe Travel Campaign yang dicanangkan di bandara-bandara Angkasa Pura II. Hal ini sejalan dengan upaya sektor penerbangan kembali bangkit agar dapat semakin optimal menjadi penggerak pemulihan perekonomian nasional,” jelas Denon.

(TRY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi