Sinabung Kembali Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1.000 Meter

Sinabung Kembali Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1.000 Meter
Gunung Sinabung kembali erupsi, Sabtu (8/8) sore. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Setelah erupsi pada Sabtu (8/8) dini hari tadi, sore ini Gunung Sinabung kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik sejauh kurang lebih 1.000 meter. Hal ini disampaikan petugas Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Armen Putra.

"Benar erupsi lagi pukul 17.18 WIB tadi dengan ketinggian kolom kurang lebih 1.000 meter dan ini masih berlangsung," katanya kepada Analisadaily.com.

Pada erupsi kali ini kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 60 mm dan durasi lebih kurang 36 menit 23 detik.

Sebelumnya, Gunung Sinabung erupsi dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut sekitar pukul 01.58 WIB. Abu vulkanik hasil erupsi terdistribusi di beberapa kecamatan, Kabupaten Karo. Tinggi kolom erupsi sekitar 2.000 meter di atas puncak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo melaporkan tidak ada korban saat proses evakuasi warga. BPBD setempat juga menginformasikan, saat terjadi erupsi cuaca gerimis sehingga abu tidak mengganggu aktivitas warga. BPBD juga melakukan penyemprotan abu vulkanik di jalan raya sekitar Berastagi.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi