LPPM USU Serah Terima Bantuan untuk Masyarakat Desa Pekan Sawah Langkat

LPPM USU Serah Terima Bantuan untuk Masyarakat Desa Pekan Sawah Langkat
Rektor USU Prof Runtung Sitepu diabadikan bersama usai memberikan bantuan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Langkat - Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara melaksanakan serah terima bantuan kegiatan dan peralatan yang dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, MHum, kepada masyarakat Desa Pekan Sawah, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat, Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat USU, Sekretaris Camat Sei Bingei, Perwakilan Polsek Sei Bingei, Kepala Desa Pekan Sawah, BPD Pemerintahan Desa, Kepala Dusun dan perwakilan warga Desa Pekan Sawah.

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, setelah melakukan peresmian jambur yang berada di Dusun V menyatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan dosen, di samping melakukan kegiatan mengajar dan meneliti.

“Produk-produk penelitian yang berkualitas sudah cukup banyak dihasilkan oleh para dosen dan mahasiswa USU melalui berbagai kegiatan di kampus. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian pada masyarakat merupakan hilirisasi dari kegiatan penelitian yang telah dilakukan selama ini oleh para dosen dari berbagai fakultas dan bidang ilmu. Kami berharap agar seluruh kegiatan dan bantuan yang diberikan di desa ini, akan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat Desa Pekan Sawah,” ujar Rektor USU.

Menurut Ketua Tim Desa Binaan, Dr Budi Utomo, para undangan dalam kegiatan tersebut sengaja dibatasi untuk 100 orang saja, sebagai bagian dari tindakan pencegahan dan protokol Covid-19, sehingga tidak membentuk klaster terpapar baru. “Kami tidak ingin acara ini menjadi pemicu munculnya klaster baru Covid-19 di wilayah ini,” ujarnya.

Namun demikian, kegiatan tetap berlangsung dengan meriah dan warga masyarakat sangat antusias mengikuti acara hingga berakhir. Di sela-sela makan siang bersama warga, dalam acara tersebut Kepala Desa Pekan Sawah, Mister Tarigan juga menyatakan, kegiatan telah berlangsung sejak bulan Juni lalu, di mana tim telah berkoordinasi dan bekerjasama untuk menentukan kegiatan pokok yang akan dilaksanakan. Bersama perangkat desa, tim juga melakukan serangkaian kegiatan, mulai dari inventarisasi permasalahan hingga penentuan solusi masalah utama.

Berdasarkan hasil identifikasi masalah yang dilakukan dengan cara Focus Group Discussion (FGD) maka dilaksanakanlah 7 kegiatan utama berkoordinasi intensif dengan kepala desa. Adapun 7 kegiatan itu adalah Pembinaan Kesehatan Gigi Masyarakat, dengan tim yang terdiri dari Mohammad Zulkarnaen, drg, M Kes, Zulkarnain, drg, M Kes; Hendry Rusdy, drg, M Kes, Sp BM (K) dan Fitri Yunita Batubara, drg, MD Sc. Lalu kegiatan Penyediaan Air Bersih Kepada Masyarakat dengan tim yang terdiri dari Ir Kasmir Tandjung, MT, Suri Mutia Siregar, S Psi, M Psi, Yusma Sari Siagian, S Hut.

Pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ditangani dr Surya Darma, MPH, Ir Kalsum, M Kes, Dr Sri Malem Indirawati, SKM, M Si. Penyuluhan & Penanggulangan Narkoba dilaksanakan oleh Dr dr Elmeida Effendy, M Ked, Sp KJ ( K), dr Vita Camellia, M Ked, Sp KJ, dr M Surya Husada, M Ked, Sp KJ. Penyediaan Atap Permanen dan Iptek Mesin Pakan Ternak, Pelatihan Pembuatan Kompos, Mesin Lidi serta Pelatihan Pemeliharaan Budidaya Kelapa Sawit dengan tim Dr Ir Emmy Harso Kardhinata, M Sc, Ir R Edhy Mirwandhono, M Si dan Ir Hot Setiado, MP.

Penguatan Komsumsi Sehat Menghadapi Pandemi Covid-19 terdiri atas Amalia Meutia, S Psi, M Psi dan Ridwansyah, SP, MP. Dan Pembangunan Jambur di Dusun V. Selain itu Tim Desa Binaan juga didukung oleh tim administrasi Muhammad Husni, SH, MH, Dr Ir Yunasfi, M Si, Dr Apri Heri Iswanto, S Hut, M Si dan Afifuddin Dalimunthe, SP, MP.

Tim Desa Binaan juga melakukan pemberian bantuan berupa pembangunan jambur lengkap dengan fasilitas kipas pendingin dan kelistrikannya dan pembangunan sumur pompa air dalam (deep well) di Dusun VII, sehingga masyarakat dapat menikmati fasilitas air bersih.

Juga pembangunan lokasi pembuatan pakan ternak permanen rangka baja, mesin chopper pakan ternak dan kompos kapasitas 24 HP beserta perangkat sarananya, sumbangan mesin lidi kelapa sawit, 2 unit alat cuci tangan kapasitas 60 liter pencegah covid-19, sound system double, thermo gun, 300 botol hand sanitizer, 750 lembar masker kesehatan, 500 pasta gigi pepsodent dan sensodyne, 200 sikat gigi, 300 kalender, tong sampah, kompor dan peralatan masak pengolah makanan pencegah covid-19, dan souvenir bagi peserta. Tidak kurang dari 23 dosen dan 25 mahasiswa dari berbagai bidang ilmu terlibat selama berlangsungnya kegiatan.

Sekda Kabupaten Langkat dr H Indra Salahudin, M Kes, MM, membacakan sambutan Bupati Langkat yang menyatakan sangat terharu dan berterimakasih atas perhatian USU dan berkomitmen untuk memperkuat kerjasama demi membangun Kabupaten Langkat.

Ketua LPPM USU Prof Tulus, Vor Dipl Math, M Si, Ph D menyatakan, bahwa desa tersebut adalah salah satu dari 9 desa yang menjadi sasaran prioritas Desa Binaan pada tahun 2020. Program Desa Binaan telah terbukti sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sehingga LPPM USU berkomitmen untuk terus membangun wilayah desa melalui Skema Program Desa Binaan.

Walau demikian, ia menyebutkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat lainnya yang dilakukan secara terpisah oleh dosen USU juga sangat banyak. Terdapat 250 kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen USU di seluruh Provinsi Sumatera Utara menggunakan dana Non PNBP dan DRPM Kemendikbud pada tahun 2020 ini.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi