Dirjen Kementerian Pertanian Kunjungi Palas

Dirjen Kementerian Pertanian Kunjungi Palas
Kunjungan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian ke Kabupaten Padang Lawas (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Sumardjo Gatot Irianto, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Padang Lawas, Kamis (13/8).

Turut hadir dalam acara itu Wakil Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekda Palas Arpan Nasution, Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito, Asisten I Hamonangan Daulay, Plt. Kadis Pertanian Tamrin Harahap dan Kadis Ketahanan Pangan.

Bupati Palas, Ali Sutan Harahap, menyampaikan selamat datang kepada Sumardjo Gatot Irianto beserta rombongan dalam kunjungan kerja di wilayahnya.

Ali Sutan menyampaikan bahwa Kabupaten Padang Lawas dimekarkan berdasarkan Undang-Undang No. 38 tahun 2007 yang awalnya hanya memiliki sembilan kecamatan

"Setelah dua tahun, berkembang menjadi 12 kecamatan hingga sekarang memiliki 17 kecamatan," kata Ali Sutan.

Ali Sutan juga menjelaskan perekonomian Padang Lawas tahun 2019 tumbuh 5,64 persen jika dibanding tahun sebelumnya.

"Sebagian besar masyarakat Kabupaten Padang Lawas bekerja pada sektor pertanian, perkebunan dan peternakan," jelasnya.

"Tahun 2020 ini realisasi luas tanam padi dari Januari sampai dengan Juli adalah 8.820 hektar, masih sedikit di bawah target luas tanam yaitu 9.459 hektare," sambung Ali.

Sementara luas panen padi di Kabupaten Palas adalah 17.050 hektare dengan produktivitas 3,5 ton/hektare.

"Maka diperoleh angka produksi padi kita mencapai 59.675 ton gabah kering panen atau setara dengan 38.192 ton beras," sebutnya.

Bila konsumsi beras dari Januari sampai Juli 2020 di Padang Lawas sekitar 18.458 ton, maka masih surplus beras sekitar 19.733 ton.

"Keadaan ini tentu saja sangat menggembirakan apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini di mana ketahanan pangan merupakan pondasi daripada ketahanan nasional," tukasnya.

(ATS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi