Gunung Sinabung Erupsi, Puskesmas di Karo Siaga 24 Jam

Gunung Sinabung Erupsi, Puskesmas di Karo Siaga 24 Jam
Warga mengamati Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Desa Sigarang garang, Karo, Sumatera Utara, Jumat (14/8/2020). (ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting)

Analisadaily.com, Kabanjahe – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Kabanjahe siaga 24 jam akibat terjadinya erupsi Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Puskesmas yang ada di desa, kelurahan, dan kecamatan juga melakukan hal sama, harus siaga 24 jam," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Perangin-angin, dilansir dari Antara, Sabtu (15/8).

Siaga 24 jam Puskesmas tersebut merupakan anjuran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan terjadi akibat erupsi Gunung Sinabung.

"Erupsi Gunung Sinabung masih saja berlangsung dan menyemburkan debu vulkanik," katanya.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (14/8) sekira pukul 10.30 WIB kembali menyemburkan debu vulkanik setinggi 2.100 meter di atas puncak atau sekitar 4.560 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah tenggara dan selatan. Berdasarkan informasi Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung kejadian erupsi Gunung Sinabung itu terekam melalalui seismogram dengan amplitudo maksimum 64 mm dan durasi lebih kurang 1 menit 40 detik.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 km dari Puncak Gunung Sinabung.Kemudian radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi