Langgar Protokol Kesehatan, Mentan Irlandia Mengundurkan Diri

Langgar Protokol Kesehatan, Mentan Irlandia Mengundurkan Diri
Menteri pertanian Irlandia, Dara Calleary. (Georges Gobet/AFP/Getty Images)

Analisadaily.com, Irlandia - Menteri pertanian Irlandia, Dara Calleary, mengundurkan diri setelah dia mengatakan telah merusak upaya nasional untuk menahan Covid-19, karena menghadiri acara sosial yang sedang diselidiki polisi atas dugaan pelanggaran peraturan kesehatan.

Calleary termasuk di antara lebih dari 80 tamu di jamuan makan malam hotel yang diselenggarakan perkumpulan golf parlemen Irlandia pada malam setelah dia dan rekan kabinetnya secara signifikan memperketat pembatasan nasional untuk mencoba mengendalikan peningkatan infeksi.

Irlandia telah mempertahankan beberapa kontrol paling ketat di Eropa dan pemerintahnya dikritik karena apa yang dilihat banyak orang sebagai pembatasan baru yang buruk dan kontradiktif, termasuk membatasi pertemuan di dalam ruangan untuk enam orang.

Politisi lain, termasuk komisaris perdagangan Eropa, Phil Hogan, menghadiri makan malam itu, yang memicu gelombang kemarahan publik.

“Saya ingin meminta maaf kepada semua orang. Saya telah merusak upaya nasional untuk mencoba dan melawan Covid,” kata Calleary kepada stasiun radio lokalnya, Radio Midwest.

"Saya telah mengecewakan orang, saya telah membuat marah banyak orang, saya telah membuat stres pada banyak orang yang harus melakukan panggilan yang sangat sulit selama enam bulan terakhir,” sambung Calleary dilansir dari Guardian, Jumat (21/8).

Taoiseach, Micheál Martin, menerima pengunduran diri Calleary, dengan mengatakan, dia membuat keputusan yang tepat untuk negara dan acara tersebut seharusnya tidak pernah berlangsung.

Permintaan maaf awal Kamis malam di akun Twitter Calleary menerima hampir 2.000 balasan dalam dua jam, banyak dari orang-orang yang marah karena mereka tidak dapat menghadiri pemakaman atau harus membatalkan pernikahan atau hari libur karena peraturan.

The Irish Times mengutip seseorang yang pernah menginap di hotel tetapi tidak ingin disebutkan namanya yang mengatakan, dia tidak melihat bukti jarak fisik ketika para hadirin tiba, mereka tidak mengenakan topeng dan mereka berjabat tangan satu sama lain.

Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki acara tersebut karena dugaan pelanggaran peraturan kesehatan masyarakat.

Wakil pemimpin majelis tinggi parlemen Irlandia, seorang anggota Fine Gael, salah satu dari tiga partai yang memerintah bersama dengan Martin Fianna Fáil, juga mundur.

Hogan, perwakilan Irlandia di eksekutif UE selama enam tahun terakhir, mengatakan, dia telah menghadiri makan malam dengan pemahaman yang jelas, bahwa hotel telah diyakinkan pengaturan yang ada akan mematuhi pedoman.

Dia juga mengatakan, sepenuhnya mematuhi pembatasan perjalanan untuk mengisolasi diri selama 14 hari, setelah berada di Irlandia sejak akhir Juli.

Seorang anggota senior dari partai oposisi utama Irlandia, Sinn Féin, mengatakan Hogan juga harus mengundurkan diri karena kehadirannya.

Calleary diangkat menjadi menteri pertanian bulan lalu ketika pendahulunya dipecat setelah muncul berita tentang tuntutan mengemudi dalam keadaan mabuk dua minggu setelah masa pemerintahan koalisi baru Martin.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi