LPPM USU Sosialisasi Sadar Wisata Peduli Lingkungan di Bukit Lawang

LPPM USU Sosialisasi Sadar Wisata Peduli Lingkungan di Bukit Lawang
LPPM USU sosialisasi Sadar Wisata Peduli Lingkungan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Bahorok - Program pengabdian kepada masyarakat, Dosen Wajib Mengabdi Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU sosialisasi sadar wisata dan aksi sosial kebersihan lingkungan di kawasan wisata Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat.

Sosialisasi dilakukan sebagai kampanye pentingnya sadar wisata dan menjaga kebersihan lingkungan di lokasi wisata Bukit Lawang, salah satu destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah hingga mancanegara.

Kegiatan yang melibatkan berbagai elemen masyarakat serta beberapa organisasi terkait dengan kawasan objek wisata Bukit Lawang ini mendapat sambutan positif dari masyarakat.

"Kalau bisa kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkelanjutan secara berkala," kata Kepala Desa Sampe Raya, Bahagia Ginting, pada acara pembukaan kegiatan yang berlansung di sekretariat Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bukit Lawang, Selasa (1/9).

Pada acara pembukaan tersebut juga dilakukan penyerahan tong sampah secara simbolis oleh ketua kegiatan, Koko Sujatmoko, kepada pengurus HPI Bukit Lawang sebagai perwakilan pihak pengelola wisata.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan aksi bersih memungut sampah bersama masyarakat di sekitar lokasi wisata Bukit Lawang.

"Sampah yang terkumpul dibawa ke penampungan sampah milik Sumatera Trash Bank yang juga terlibat sebagai partner dalam kegiatan ini untuk selanjutnya diolah di sana," sebut Koko.

Kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa mahasiswa dari Universitas Methodist Binjai yang sedang melakukan KKN di lokasi yang sama.

"Karena mereka juga punya agenda yang sama pada hari ini, jadi sekalian saja kegiatannya digabung," sebut Erni Sembiring, selaku staff BPD Desa Perkebunan yang menjadi pendamping mereka saat kegiatan.

Program pengabdian masyarakat oleh LPPM ini melibatkan lima orang dosen dari USU, yaitu Koko Sujatmoko, Gustanto, Mukhtar, Andi Pratama Lubis, dan Haris Sutan Lubis.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi