Tokoh Pers Jakob Oetama Tutup Usia

Tokoh Pers Jakob Oetama Tutup Usia
Jakob Oetama (Detik.com)

Analisadaily,com Jakarta - Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama tutup usia. Jakob meninggal di usia 88 tahun.

"Iya betul," kata Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra menjawab pertanyaan soal kabar meninggalnya Jakob Oetama dilansir dari Detik.com, Rabu (9/9).

Mengutip kompas.id, Dr (HC) Jakob Oetama adalah wartawan dan salah satu pendiri Surat Kabar Kompas. Saat ini ia merupakan Presiden Direktur Kelompok Kompas-Gramedia.

"Jenazah akan dibawa ke tempat persemayaman di Gedung Kompas Gramedia, di situ Pak Jakob akan menerima penghormatan terakhir, sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta," demikian pernyataan dari Kompas TV.

Seperti disiarkan Kompas TV, saat ini jenazah Jakob Oetama masih berada di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Tadi informasi terakhir, keluarga sudah berkumpul di RS Mitra Keluarga," demikian disampaikan Kompas TV.

Semasa hidupnya, pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah ini dikenal sebagai salah satu pendiri Kompas Gramedia Group bersama dengan rekannya Petrus Kanisius (PK) Ojong.

Dilansir dari CNN Indonesia, keduanya menaungi harian Kompas, majalah Intisari, toko buku Gramedia dan penerbitan.

Di bawah kepemimpinannya, Kompas berkembang pesat hingga kini memiliki beberapa anak perusahaan, mulai dari yang bergerak di bidang media massa, percetakan, hingga universitas.

Jakob juga didapuk menjadi Pembina Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia, ia pun tercatat pernah menerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari Presiden Soeharto pada tahun 1973 silam.

Sebelum mendirikan Kompas, Jakob Oetama merupakan redaktur mingguan "Penabur"dan PK Ojong pemimpin redaksi mingguan "Star Weekly".

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi