Tim Dosen USU Bangun Pondok Karang Taruna Atlet Dayung di Kampung Nelayan Seberang

Tim Dosen USU Bangun Pondok Karang Taruna Atlet Dayung di Kampung Nelayan Seberang
Ilustrasi Lomba Dayung di Belawan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tim Dosen Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (USU) telah melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pembuatan Pondok Karang Taruna Atlet Dayung untuk pembinaan anak-anak Kampung Nelayan Seberang, Medan Belawan.

Tim terdiri dari Ketua Ir Syahrizal, MT dan beranggotakan Ir Rahmi Karolina, ST, MT, serta Ir M Agung Putra Handana, ST, MT. Pondok Karang Taruna Atlet Dayung ini merupakan satu dari tujuh kegiatan Desa Binaan Pelopor Ekowisata Berkelanjutan yang dilakukan oleh tim.

Kampung Nelayan Seberang, Medan Belawan yang terletak di garis pantai telah terkenal sebagai penghasil atlet dayung nasional. Namun, fasilitas yang tersedia di Kampung Nelayan tersebut tidak memadai.

Tidak tersedianya pondok untuk mewadahi pembinaan kegiatan atlet dayung menyebabkan terhambatnya kegiatan tersebut. Karena itu, Tim Pengabdian Masyarakat di bawah Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM-USU) memutuskan untuk membangun Pondok Karang Taruna Atlet Dayung di Kampung Nelayan tersebut.

Mewakili tim, Ir Rahmi Karolina, ST, MT, mengatakan bahwa kegiatan pembuatan Pondok Karang Taruna Atlet Dayung untuk pembinaan anak-anak Kampung Nelayan Seberang dilaksanakan selama beberapa minggu, yang diawali dengan pembuatan pondasi beton dengan menggunakan pipa PVC berdiameter 6 inchi sebagai casing-nya.

"Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan yang terjadi akibat terjangan gelombang air laut di lokasi. Proses pembangunan Pondok Karang Taruna Atlet Dayung ini dikerjakan oleh tukang dan diawasi oleh masyarakat setempat, tim pengabdian masyarakat dan mahasiswa dalam proses pembangunannya," ujarnya.

Dengan dibangunnya Pondok Karang Taruna Atlet Dayung ini, lanjut Ir Rahmi Karolina, diharapkan semoga dapat menambah motivasi dan semangat bagi anak-anak muda di kawasan Kampung Nelayan Seberang untuk semakin giat berlatih dan dapat memajukan Kampung Nelayan Seberang melalui prestasi di bidang olahraga dayung.

Menurutnya, besar harapan Tim Dosen Pengabdian Masyarakat Univeristas Sumatera Utara agar Pondok Karang Taruna Atlet Dayung selalu dirawat dan dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat sehingga dapat menghasilkan atlet-atlet dayung profesional di kemudian hari kelak.

Tim Dosen Pengabdian Masyarakat USU dalam kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan USU khususnya Rektor USU Prof Dr Runtung, SH, M Hum, Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU Prof Dr Tulus, Vor Dipl Math, M Si, Ph D dan Sekretaris LPPM USU Prof Dr Dra Irnawati Marsaulina, MS, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Pelopor Ekowisata Berkelanjutan dan Pencetak Atlet Dayung di Desa Kampung Nelayan Kecamatan Medan Belawan, Prof Dr Prihatin Lumbanraja, SE, M Si, Sekretaris Onrizal, S Hut, M Si, Ph D, Bendahara Dr Rudi Hartono, S Hut, M Si dan beberapa mahasiswa yang turut membantu yaitu Ari Mustafa Kamal, Hafiz Isra Negara, Fitri Salsabila Lubis, Nazmi Wayan Anugerah, Syifa Salsabila, Ully Annisa Lubis dan M Try Andika Putra.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi