Gubsu Minta PT KAI Satukan Program Penataan Kota Medan

Gubsu Minta PT KAI Satukan Program Penataan Kota Medan
Gubsu Edy saat menerima audiensi Manajemen PT KAI Sumut, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Nomor 41, Medan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengajak PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dan berkontribusi dalam penataan Medan menjadi kota yang tertib, nyaman, dan indah. Hal ini terkait beberapa lahan milik PT KAI yang perlu ditata.

"Ayo kita tata yang punya kereta api (PT KAI) dan saya support. Untuk kereta api, Anda harus memprioritaskan program dan anggaran yang nantinya kita satukan. Saya mau duduk bersama secara teknis, yang perlu penertiban kita tertibkan," ucap Edy Rahmayadi, saat menerima audiensi Manajemen PT KAI Sumut, di Rumah Dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat (18/9).

Hadir di antaranya dari Manajemen PT KAI Sumut, Vice President PT KAI Sumut Daniel Johannes Hutabarat bersama jajaran, serta yang mendampingi Gubernur, Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumut Ismael Sinaga.

Edy menyatakan ada beberapa wilayah di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang yang akan ditata, di Kota Medan yakni Lapangan Merdeka dan Polonia Medan. Kemudian di Kabupaten Deliserdang pembangunan jalur kereta api di Delitua, serta jalur yang melintas ke Sport Center.

"Karena di situ adalah pusatnya Kota Medan, dan saya mau itu cantik dan tertib. Kita atur semua ini, karena ke depan Kota Medan ini juga akan terhubung dengan jalan tol dalam kota. Dengan masterplan yang telah kita buat, maka Anda juga akan ikut di dalamnya," katanya.

Edy meminta unsur terkait untuk segera membentuk tim dalam membahas hal ini. PT KAI sendiri diminta untuk menyatukan program dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut agar semua rencana sesuai dengan program yang telah dibuat.

"Saya minta semua membentuk tim dan segera memprogramkan penataan. Di Delitua untuk segera membangun kembali rel kereta api, kemudian rel kereta di Polonia untuk diaktifkan kembali," ucapnya.

Vice President PT KAI Sumut, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, sangat mendukung apa yang telah disampaikan. Pihaknya akan mengomunikasikan dengan Dirjen PT KAI mengenai hal tersebut.

"Tentang reaktivasi jalur ke arah Delitua dan ke Pancur Batu, kami juga sangat mendukung dan kami sudah siap," tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi