Perjalanan Kereta Wisata Semakin Meningkat

Perjalanan Kereta Wisata Semakin Meningkat
Kereta Wisata (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Sejak beroperasinya kembali, pengguna Kereta Wisata dan Priority dengan Pola Charter (Rombongan) dan FIT (Perorangan) terus meningkat.

Dari data PT Kereta Api Pariwisata (Kawisata), pada bulan Agustus 2020 kurang lebih ada 67 perjalanan dengan volume penumpang mencapai kurang lebih 507 orang.

Direktur Utama Kawisata, Totok Suryono
menyampaikan, pengoperasian Kereta Wisata meliputi Kereta Wisata Type Nusantara, Type Jawa, Type Bali, Type Toraja, Type Sumatra, Type Retro, Kereta Istimewa dengan pola Charter (Rombongan) dan Type Priority serta Type Imperial dengan pola FIT (Perorangan) dan Charter (Rombongan), dengan menerapkan protokol Adaptasi Kebiasaan Baru.

"Para Penumpang diharuskan tetap mematuhi persyaratan sesuai yang diatur Gugus Tugas Covid-19, yakni para penumpang diharuskan dalam kondisi sehat, tidak sedang menderita flu, baik batuk, maupun deman dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius," kata Totok, Senin (21/9).

Dijelaskannya, tingkat pengguna kereta wisata terus meningkat terutama untuk perjalanan rombongan. Di bulan Agustus sudah 5 kereta yang dipesan dan berjalan meliputi Kereta Wisata Type Bali, Type Jawa dan Type Priority.

Untuk saat ini di bulan September kurang lebih 6 kereta wisata telah berjalan meliputi kereta wisata TypeToraja, Type Bali, Type Jawa, Type Sumatera, Type Nusantara, dan Type Priority.

"Kami terus dan selalu siap menyambut para pelanggan setia dengan tetap memberikan pelayanan yang terbaik, serta aman dan nyaman pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Kami juga melakukan beberapa penyesuaian pelayanan di atas kereta sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah," terang Totok.

Bagi setiap penumpang kereta api yang ingin melakukan perjalanan wajib melaksanakan 3M, yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak selama berada di area stasiun maupun di kereta, serta memakai Face Shield yang disediakan oleh petugas saat di kereta.

Para penumpang diimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket sebagai pelindung diri, mengurangi kegiatan berbicara saat berada di dalam keteta untuk menghindari penyebaran virus melalui droplet.

Humas Kawisata, M Ilud Siregar, mengajak para pelanggan setia Kereta Wisata, Kereta Istimewa, dan Kereta Priority, yang memiliki rencana bepergian di akhir pekan, sudah bisa memesan dan menjadwal perjalanannya melalui counter-counter resmi Kawisata.

Baik untuk perjalanan dengan pola Charter (Rombongan) serta melalui aplikasi KAI Access untuk Pola FIT (Perorangan). Pelanggan setia juga tidak perlu khawatir sulit mencari layanan rapid test.

Karena saat ini KAI kerja sama Rajawali Nusindo, grup usaha Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyediakan layanan rapid test Covid-19 seharga Rp 85.000.

"Layanan tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Bandung dan beberapa stasiun lainnya," tandas Ilud.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi