Guru Besar USU Apresiasi Budidaya Jahe Merah Dosen UNA

Guru Besar USU Apresiasi Budidaya Jahe Merah Dosen UNA
Guru Besar USU Prof. Dr. Ir. Darma Bakti, M.S menerima bibit jahe merah hasil penyemaian dari Inisiator Program Budidaya One Billion Jahe Merah, Dr. Dailami, M.I.Kom. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Dr. Ir. Darma Bakti, mengapresiasi Program Budidaya One Billion Jahe Merah yang dilakukan Dosen Universitas Asahan (UNA) terhadap usaha memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan tanaman bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Apresiasi itu disampaikan saat berdiskusi dengan inisiator sekaligus pelaku Program Budidaya One Billion Jahe Merah, Dr. Dailami, yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi UNA didampingi mitra kerjasama Muhammad Rusdi, di Komplek Kampus USU Medan, Minggu (20/9).

Tanaman jahe merah, kata dia, bidang ilmu Hama Tanaman Pertanian ini, cukup baik untuk kesehatan bahkan memiliki prospek ekonomi menjanjikan. Selain dapat menyediakan kebutuhan tanaman obat di masa pandemi Covid-19, tanaman ini juga menjadi penambah pendapatan ekonomi keluarga, apalagi jika dibudidayakan dalam jumlah besar.

Prof Darma yang pernah menjabat Dekan Fakultas Pertanian USU itu menilai, program budidaya jahe merah yang dikembangkan seorang doktor berlatar belakang non pertanian merupakan hal yang spesifik, seperti halnya, dilakukan Dailami, karena dia sekaligus menjadi contoh seorang yang berpendidikan tinggi. Sudah semestinya berinovatif untuk memberikan manfaat serta perubahan kepada masyarakat secara luas.

“Sebagai doktor komunikasi ilmu dimiliki, Dailami sangat diperlukan dalam dunia pertanian, karena melalui komunikasi tentu dapat mengajak bahkan menggerakkan masyarakat turutserta dalam membudidayakan jahe merah melalui program One Billion yang digagasnya, apalagi dia sudah memulainya dari dirisendiri, kemudian memperkenalkan kepada masyarakat,” kata Prof Darma.

Ia juga menyarakankan agar hasil panen jahe merah nantinya dapat diolah ke berbagai varian. Tujuannya agar konsumen mendapatkan pilihan untuk mengkonsumsi tanaman obat tersebut. Karena itu diperlukan kerjasama dengan berbagai pihak agar dapat memberikan nilai tambah baik dari segi kemasan, tampilan, rasa,harga dan lainnya sebagainya.

"Kerjasama dengan berbagai pihak untuk tujuan menambahnilai ekonomis jahe merah harus menjadi sasaran ke depannya, untuk itu saya akan mencarikan pihak yang mungkin dapatdiajak bekerja sama, termasuk dalam pengembangan budidaya jahe merah ini,” ujarnya.

Sementara dalam diskusi itu, Dr. Dailami menanyakan berbagai hal tentang tanaman jahe merah, terutama mengenai hama yang mungkin menyerang tanaman dibudidayakan tersebut.

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai penanganannya termasuk pestisida yang digunaka mengatasi hama, pelaku budidaya jahe merah ini mengaku mendapatkan pengetahuan berharga dari Sang Profesor, sembari menyampaikan terima kasih atas apresiasi serta pengetahuan yang diberikan.

(HERS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi