Mahasiswa UMSU Tingkatkan Kemampuan Komunikasi LazisMU Melalui Zoom

Mahasiswa UMSU Tingkatkan Kemampuan Komunikasi LazisMU Melalui Zoom
Platihan via Zoom (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Walau berada di situasi pandemi Covid-19, semangat berfastabiqul khairat mahasiswa Universitad Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) terus berjalan.

Mahasiswa dan dosen UMSU yang tergabung dalam program Pekan Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat mengadakan pelatihan public speaking, body language, serta personal branding yang ditujukan kepada Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (LazisMU) Kota Medan.

Pandemi Covid-19 membuat Tim PKM-M UMSU yang diketuai Feza Ihram Syahari dibimbing Muhammad Shareza Hafiz memberikan pelatihan melalui aplikasi Zoom Meeting, dan disampaikan langsung pembicara yang expert pada bidangnya.

"Kemampuan berbicara sangat penting. Segala sesuatu butuh proses. Terpenting adalah menjalankan 6 L, yaitu Latihan, Latihan, Latihan, Lagi Lagi Latihan," sebut Arif Hamdani Margolang yang merupakan Expert dan founder Margolang Organizer, Kamis (24/9).

Feza Ihram selaku ketua tim PKM-M menuturkan, tujuan kegiatan untuk pemaksimalan dan pemberdayaan LazisMU dalam menghimpun, menyalurkan, dan melaporkan dana-dana dari masyarakat dengan bahasa yang baik.

"Tujuannya untuk mempertahankan kesan positif dari LazisMU yang meningkatkan kepercayaan dari masyarakat. Akan ada beberapa program lanjutan yang dilakukan dalam rangka pemaksimalan peran LazisMU Kota Medan," sebutnya.

Sementara itu, Muhammad Shareza Hafiz, dalam sambutannya, menyebut, PKM-M ini sering melakukan kegiatan yang terjun langsung ke lapangan untuk memberikan pendidikan serta pelatihan kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian.

"Sehingga dalam masa pandemi saat ini butuh penyesuaian baru agar pengabdian tetap terlaksana. Kita inisiatif untuk memberikan pelatihan kecakapan berinteraksi melalui aplikasi Zoom," ujarnya.

Apresiasi disampaikan Muhammad Arifin Lubis, yang merupakan Ketua LazisMU Medan atas pelatihan yang diberikan, karena sangat membantu dalam meningkatkan kualitas SDM, sehingga dapat menarik masyarakat untuk menjadi donatur dari LazisMU Kota Medan.

"Pelatihan ini juga sangat efektif dan membuat fundriser menjadi lebih bersemangat dan percaya diri, serta tetap terlaksanakan kegiatan utamanya walaupun pandemi masih ada. Pelatihan yang diberikan juga sangat jelas dan detail, sehingga mudah dipahami," tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi