Kotaku Padangsidimpuan Peduli Pencegahan Covid-19

Kotaku Padangsidimpuan Peduli Pencegahan Covid-19
Pembagian sembako oleh BKM Siborang Lestari Kel. WEK V. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Padangsidimpuan - Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) Padangsidimpuan ikut andil dan berpartisipasi dalam hal penanganan pencegahan Covid-19.

Askot Mandiri Kotaku Kota Padangsidimpuan, Zulhan Taufik menjelaskan, salah satu bentuk pencegahan adalah dengan memasang spanduk imbauan.

Pihaknya memasang spanduk di area parkir perkantoran bertuliskan kalimat “Kotaku Peduli Covid-19 Bersama Kita Bisa Atasi. Patuhi Protokol Kesehatan Guna Mencegah Covid-19. Tetap Jaga Jarak dan Gunakan Masker".

"Spanduk ini dibuat sebagai imbauan, mengajak, dan mengingatkan untuk kita akan pentingnya menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Dan di pintu masuk Kantor Kotaku Padangsidimpuan juga telah disediakan hand sanitizer," ujar Zulhan kepada Analisadaily.com, Rabu (30/9).

Ia menjelaskan, terlaksananya kegiatan sosial yang dilakukan oleh Program Kotaku dengan cara memanfaatkan dana yang berasal dari dana UPK atau BOP BKM untuk bantuan bagi masyarakat yang merasakan dampak dari Covid-19 tersebut.

Dalam hal ini, imbuhnya, Program Kotaku bersama BKM akan menyalurkan bantuan berupa sembako, serta mengarahkan BKM di setiap kelurahan Kota Padangsidimpuan untuk mengadakan tempat atau sejenis westafel cuci tangan bagi masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan mematuhi imbauan dari pemerintah untuk penanganan penyebaran virus corona.

"Kegiatan sosial ini didasari atas kesadaran masing-masing pihak tanpa adanya unsur memaksa atau pun keterpaksaan dari masing-masing pihak," ujarnya.

Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara melihat proses pembangunan Rumah Produksi Olahan Salak di Kelurahan Lubuk Raya Kec. Padangsidimpuan Hutaimbaru.
Zulhan juga mengatakan, meskipun sedang masa pandemi Covid-19, aktivitas harus berjalan, target harus tercapai, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

"Seperti proses pembangunan rumah produksi olahan salak di Kelurahan Lubuk Raya juga tetap berjalan sesuai dengan rencana. Para pekerja dan tukang mengikuti aturan protokol kesehatan, serta kami memasang spanduk sebagai imbauan dan ajakan kepada kita agar selalu menjaga kesehatan," ujarnya.

Selain itu ada beberapa kegiatan di masa pandemi Covid-19 oleh Program Kotaku Padangsidimpuan yakni monitoring atau kunjungan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara ke Padangsidimpuan, melihat dan mengunjungi Pembangunan Rumah Produksi Olahan Salak di Kelurahan Lubuk Raya Kec. Padangsidimpuan Hutaimbaru pada Kamis, 17 September 2020.

Kunjungan Opname/Monitoring kegiatan Kotaku oleh PPK Wil. I bersama Tim KMW di Kelurahan Lubuk Raya terkait Pembangunan Rumah Produksi Olahan Salak dan Galery yang sudah mencapai progress 60 % pada Selasa, 22 September 2020.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi