Angin Kencang di Danau Toba, Warga Diingatkan Agar Waspada

Angin Kencang di Danau Toba, Warga Diingatkan Agar Waspada
Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo, saat berada di wilayah perairan Danau Toba di Pantai Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Minggu (18/10). (Analisadaily/Franscius Hartopedi Simanjuntak)

Analisadaily.com, Simalungun - Angin kencang dikawatirkan dapat menganggu aktivitas di perairan Danau Toba. Untuk itu, diminta agar masyarakat selalu waspada terhadap cuaca ekstrim, khususnya yang beraktivitas di danau.

“Belakangan ini, cuaca di daerah kita agak ekstrim,” kata Kepala Kepolisian Resor Simalungun, AKBP Agus Waluyo, Minggu (18/10).

Kata dia, gelombang tinggi dan angin kencang mulai datang di kawasan Danau Toba, ada angin kencang di saat sore hingga malam hari.

“Kita khawatir, kondisi ini rentan bencana, khususnya aktivitas di danau,” sambung AKBP Agus.

Untuk itu, kepada pengusaha kapal, baik kapal penumpang, nelayan, ataupun kapal barang agar selalu memperhatikan kondisi alam saat berlayar.

Melakukan pengecekan terhadap kelayakan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yang merupakan transportasi jalur Danau Toba di Pelabuhan Tigaras yang merupakan pelabuhan di wilayah simalungun.

“Kalau situasi cuaca sedang buruk, jangan dipaksakan. Kemudian, selalu lengkapi peralatan sefti di kapal. Terlebih kapal penumpang, selain memperhatikan kondisi layak layar kapal, minimal melengkapi pelampung. Semua itu demi kenyamanan dan keselamatan kita,” ujarnya.

Masih kata dia, bagi warga yang berwisata juga tetap waspada. Jangan berenang terlalu ke tengah dan kalau bisa tetap siapkan sefty. Pengelola wisata perlu memantau dan memberikan arahan kepada pengunjungnya yang sedang berenang.

Selain itu, memperhatikan situasi pemukiman masing-masing. Manakala ada pohon besar di sekitar rumah, yang memungkinkan tumbang akibat diterpa angin, agar segera ditebang.

Sejauh ini, memang tidak ada bencana akibat angin kencang. Namun seluruh masyarakat selalu waspada kemungkinan bencana alam, baik di danau, juga potensi kebakaran.

Ia juga meminta para Kapolsek sejajaran Polres Simalungun yang berdekatan dengan danau toba agar mengingatkan nelayan atau masyarakat untuk waspada dan berhati hati.

“Satu lagi, bagi warga yang berpergian, pastikan rumah yang ditinggalkan dalam situasi aman,” tambahnya.

(FHS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi