Dambaan Akan Permudah Pengurusan Administrasi

Dambaan Akan Permudah Pengurusan Administrasi
Darma Wijaya bersama masyarakat. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai – Majunya Darma Wijaya menjadi calon pemimpin di Serdang Bedagai bukan tanpa tujuan. Ia menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik setelah daerah ini mekar dari Deli Serdang selama 17 tahun sejak 2003 silam.

Perubahan tersebut di antaranya mulai dari pola pikir masyarakat, kesejahteraan, keberadaan infrastruktur, layanan kesehatan, pendidikan, birokrasi serta layanan administrasi yang selama ini sudah berjalan, namun belum maksimal.

Layanan administrasi contohnya, Wiwik sapaan akrab Darma, bakal mengubah sistem layanan pada masyarakat agar lebih mudah. Pengurusan administrasi Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan lainnya tidak lagi akan dilakukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), namun cukup di kantor kecamatan saja.

“Birokrasi layanan adminstrasi harus kita ubah untuk meningkatkan layanan. Selama ini masyarakat mengeluh lambatnya proses pengurusan KK dan KTP. Selain itu juga jauh sehingga birokrasi harus dipangkas,” jelasnya, Sabtu (5/12).

Jadi pengurusan lebih mudah, masyarakat cukup datang ke kantor Kecamatan untuk foto. Setelah itu ada Kepling atau tenaga pemerintahan lain yang memproses semua itu hingga berkas yang dibutuhkan sampai di tangan masyarakat.

“Kalau perlu masyarakat hanya datang ke kantor camat untuk foto, setelah itu biarlah pegawai pemerintahan yang menyelesaikannya hingga tuntas,” tambahnya.

Wakil Bupati Serdang Bedagai periode 2016-2021 ini memastikan layanan itu semua tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Waktu layanan juga akan dipersingkat hanya beberapa hari KK dan KTP yang dibutuhkan masyarakat harus selesai.

“Itu semua tentunya dibutuhkan kebijakan baru yang membawa Sergai menuju perubahan dan pembaharuan, jika saya diberi amanah oleh warga, semua itu akan saya jalankan,” ujarnya.

Tidak hanya layanan administrasi, peningkatan layanan kesehatan, pendidikan serta lainnya juga akan dipermudah.

“Kita akan tingkatkan PAD yang ada, sehingga alokasi anggaran di pendidikan dan kesehatan akan meningkat dan kualitasnya membaik,” pungkasnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi