Pasca Banjir di De Flamboyan, Tim Gabungan Bersihkan Rumah Warga dari Lumpur

Pasca Banjir di De Flamboyan, Tim Gabungan Bersihkan Rumah Warga dari Lumpur
Personel TNI membantu pembersihan rumah warga di Kompleks De Flamboyan (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Pasca banjir di Perumahan De Flamboyan, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, tim gabungan melakukan pembersihan rumah warga, Sabtu (5/12).

Pantauan Analisadaily.com di lokasi, terlihat petugas dari TNI, BPBD dan para relawan membersihkan rumah warga dari lumpur. Bahkan di beberapa rumah terlihat kendaraan bermotor yang masih terendam lumpur.

"Dari pagi tim Basarnas dan TNI telah melakukan pembersihan rumah warga," kata Kepala BPBD Provinsi Sumut, Riadil Akhir Lubis.

Hingga saat ini genangan air masih terlihat di lokasi kejadian. Selain itu lumpur juga masih tampak tebal di rumah warga. Satu unit ekskavator diturunkan untuk membantu pembersihan sisa-sisa lumpur.

Menurut Riadil, 343 pengungsi masih bertahan di Balai Desa Tanjung Selamat dan Markas Arhanud Tanjung Selamat.

"Sabagian warga juga masih berada di posko pengungsian," jelasnya.

Seperti diketahui, banjir melanda sejumlah kawasan di Kota Medan, Deli Serdang dan Binjai, Jumat (4/12) dini hari. Genangan air di beberapa titik hingga kedalaman lebih dari 2 meter.

Wilayah yang dilanda banjir berada di kawasan rendah sekitar aliran sungai, seperti Sungai Deli, Sungai Babura, Sungai Belawan, Sungai Bingai dan Sungai Mencirim.

Air kiriman dari hulu tidak mampu tertampung sehingga meluap ke permukiman warga. Kondisinya diperparah dengan hujan deras yang melanda Kota Medan, Binjai, dan Kabupaten Deli Serdang sejak Kamis (3/12) malam. Hujan baru berhenti pada tengah malam.

Genangan air terparah terjadi di Kompleks Perumahan De Flamboyan dan Kompleks Griya Nusa III, Kelurahan Tanjung Selamat, Medan Tuntungan.

Ketinggian air bahkan mencapai 3 meter. Air bahkan masuk ke lantai dua rumah warga. Sejumlah kendaraan juga hanyut dan lima orang meninggal dunia.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi