Terima Bantuan Dana Penanganan Banjir, Sergai Bakal Berbenah

Terima Bantuan Dana Penanganan Banjir, Sergai Bakal Berbenah
Terima bantuan dana penanganan banjir (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya secara simbolis menerima bantuan dana siap pakai sebesar Rp 500 juta untuk penanganan darurat bencana banjir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Tebingtinggi, Darma menerima bantuan yang diserahkan oleh Plt Deputi Penanganan Darurat, Dody Ruswandi. Disaksikan Kepala BNPB, Doni Monardo, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, dan Sekda Kabupaten Sergai, Faisal.

Kepala BNPB, Doni Monardo, dalam arahannya mengatakan, bantuan dana ini diberikan untuk digunakan menangani korban banjir yang ada di daerah masing-masing. Baik itu pemenuhan makanan, minuman, sanitasi, obat-obatan, dan lain sebagainya.

"Dari data yang ada, terdapat 10 kabupaten kota yang terdampak banjir di Sumatera Utara ini, antara lain Kota Tebingtinggi, Medan, Langkat, Serdang Bedagai, Asahan, Batubara, Labuhanbatu Utara, Binjai, Deliserdang dan Simalungun," katanya, Jumat (11/12).

Seluruh pihak harus turut membantu penanganan korban banjir, baik itu kementerian atau lembaga serta pemerintah, stakeholder, dan lain sebagainya.

"Ke depan kita sudah berkoordinasi dengan kementrian PUPR, Balai Wilayah Sungai, dan Lementrian LHK, serta pemerintah daerah untuk melakukan pengangkatan sedimen di sungai yang menjadi tempat penduduk, normalisasi sungai. Pelebaran sungai juga harus dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir," jelasnya.

Selama ini, Doni mengaku terjadi alih fungsi Daerah Aliran Sungai (DAS) di bagian hulu sungai. Untuk itu BNPB akan mengkoordinir lembaga yang menangani aliran sungai.

Darma Wijaya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah peduli ke daerah ini, khususnya saat tertimba musibah bencana alam.

"Kami siap berkoordinasi dengan seluruh pihak, baik pemerintah pusat dan stakeholder lainnya untuk membenahi sungai dalam penanganan banjir," ungkapnya.

Wiwik, sapaan akrab Darma Wijaya, juga mengungkapkan, setiap tahun Sergai menjadi langganan banjir saat musim penghujan melanda, dibutuhkan penanganan serius dan terintegrasi demi mewujudkan Sergai bebas banjir.

"Normalisasi sungai sangat dibutuhkan, juga pengerukan sungai, pelebaran, serta peremajaan daerah aliran sungai," tandasnya.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat karena sudah memberikan perhatiannya kepada Sumut.

"Sumatera Utara ini banyak sekali dilairi sunga, di Medan saja, terdapat 5 sungai yang membelah, dan keseluruhan sungainya butuh perhatian. Kita harus buat sungai sebagai sumber kesejahteraan rakyat," jelasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi