Luapan Air Sungai Deli Perlahan Mulai Surut

Luapan Air Sungai Deli Perlahan Mulai Surut
Luapan air Sungai Deli perlahan surut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Air Sungai Deli yang sempat kembali meluap setinggi paha orang dewasa pada Minggu (13/12) dini hari WIB tadi, kini perlahan mulai surut.

Seorang Anggota Kelompok Penggemar Kegiatan di Alam Bebas, Sangkala, yaitu Hardinas melaporkan, saat ini warga yang bermukim di bantaran Sungai Deli, tepatnya di Lingkungan IV, Kelurahan Jati, Medan Maimun, Kota Medan, mulai membersihkan rumah agar lumpur yang masuk ke dalam tempat tinggal tidak mengeras.

"Warga telah memindahkan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi, untuk antisipasi luapan Sungai Deli, karena melihat kondisi hujan sering mengguyur Medan," kata Hardinas kepada Analisadaily.com melalui WhatsApp.

Sebelumnya, Afdol Zikri, salah satu warga Lingkungan IV, Kelurahan Jati, mengatakan, air Sungai Deli mulai meluap sekitar pukul 02.00 WIB dini hari tadi, dan pukul 04.05 WIB luapan air Sungai Seli sudah setinggi paha kaki orang dewasa.

"Warga evakuasi barang ke lokasi lebih tinggi," kata Afdol.

Warga memindahkan barang-barangnya ke tempat yang lebih tinggi agar tidak rusak akibat terendam banjir. Mereka khawatir banjir akan kembali tinggi seperti banjir sebelumnya pada minggu lalu.

Pada Sabtu (12/12) malam, Kota Medan diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Kondisi ini diperkirakan pemicu air Sungai Deli kembali meluap dan merendam rumah warga di bantaran sungai.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi