Pilkada Siantar, Asner-Susanti Raup Suara Terbanyak

Pilkada Siantar, Asner-Susanti Raup Suara Terbanyak
KPUD Kota Pematangsiantar mengumumkan hasil pleno penghitungan hasil pemungutan suara Pilkada kota pematangsiantar. Di Sapadia hotel pematangsiantar, Jalan Diponegoro, Rabu (16/12). (Analisadaily/Fransius Hartopedi Simanjuntak)

Analisadaily.com, Pematangsiantar - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pematangsiantar, Daniel Manompang Dolok Sibaran menetapkan perolehan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pematangsiantar periode 2020 - 2024, Rabu (16/12).

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat kota, Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ir Asner Silalahi MT dan dr Susanti Dewayani (PASTI) memperoleh suara sebanyak 87.773. Sedangkan kolom kosong sebanyak 25.560 dan suara tidak sah sebanyak 1.926.

"Jumlah pengguna hak pilih yang hadir di TPS sebanyak 115.219. Artinya dari sini dapat kita ukur bahwa partisipasi pemilih di Kota Pematangsiantar sebanyak 62,98 persen. Lalu pemilih disabilitas sebanyak 108 yang menggunakan hak pilihnya," kata Daniel.

Pasca ditetapkannya hasil rekapitulasi ini, kata Daniel, langkah selanjutnya adalah mengumumkan pemenang Pilkada. Namun jika ada hal yang hendak dikoreksi dari penetapan hasil pemungutan suara, diberikan waktu tiga hari kerja kepada Lembaga Pemantau dan Saksi Paslon meregistrasikannya ke Mahkamah Konstitusi.

"Kita persilahkan kepada Lembaga Pemantau dan saksi Paslon, jika ada hal yang mau dikoreksi dari hasil rekapitulasi ini silahkan mendaftarkan atau meregistrasikan di Mahkamah Konstitusi. Namun jika tidak ada gugatan, 5 hari setelah pengumuman dari Mahkamah Konstitusi kita akan menetapkan pasangan calon terpilih di Kota Pematangsiantar," ucapnya.

Berkaitan dengan penetapan hasil rekapitulasi tingkat Kota ini, Calon Wali Kota Pematangsiantar Ir Asner Silalahi secara terpisah menyampaikan rasa terimakasihnya kepada masyarakat karena memberikan kepercayaan untuk memimpin Kota Pematangsiantar.

Tak lupa, Asner Silalahi juga sangat berterimaksih kepada seluruh Komisioner KPU, PPK, PPS dan KPPS, juga ke Baswalu maupun Panwas atas seluruh kerja kerasnya sehingga penyelenggaraan Pilkada berjalan baik dan sukses.

"Saya pribadi sangat berterimakasih pada Polres Pematangsiantar dan TNI serta semua yang terlibat dalam menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada," kata dia.

Ia pun meminta doa dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar kelak dapat menjalankan roda pemerintahan yang baik sehingga Siantar lebih maju dan mantap.

Adapun hasil rekapitulasi tingkat kota ini ditandai masing-masing Komisioner KPU dan Saksi dari Paslon serta Bawaslu.

(FHS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi