Jangan Sampai Pelaksanaan Natal dan Tahun Baru Timbulkan Klaster Covid-19

Jangan Sampai Pelaksanaan Natal dan Tahun Baru Timbulkan Klaster Covid-19
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi pimpin apel pelaksanaan Ops lilin Toba 2020 yang dilaksanakan di Mapolda Sumut, Senin (21/12).

Turut hadir Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, beserta Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanuddin, Danlantamal I Belawan, Wakapolda Sumut, Kabinda Provinsi Sumut, Ka BNNP Sumut, Para PJU Kodam I/BB, Polda Sumut dan Pemprov Sumut dan Seluruh Peserta Apel Operasi Lilin Toba 2020.

Apel gelar pasukan Ops Lilin Toba 2020 dimulai yang ditandai dengan penghormatan pasukan kepada inspektur upacara dan dilanjutkan dengan pengecekan kesiapan pasukan oleh Gubernur Sumut, kemudian dilanjutkan dengan penyematan pita tanda dimulainya operasi kepada 3 perwakilan instansi yang terlibat, TNI, Polri, dan Dishub.

Dalam kesempatan ini Gubsu membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis, yang menyampaikan puji dan syukur pada saat ini masih bisa melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan akhir pengamanan menyambut perayaan Batal 2020 dan Tahun Baru 2021 serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Kemudian Kapolri melalui amanat yang disampaikan Gubsu turut menyampaikan Operasi Lilin dilaksanakan selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

"Pelaksanaan pengamanan kali ini Polri telah menyiapkan pos pengaman dan pos pelayanan untuk melayani masyarakat selama pelaksanakn Ops Lilin Toba 2020," ucap Gubsu membacakan amanat Kapolri.

Kapolri menyampaikan, di masa pendemi ini harus saling peduli, jangan sampai pelaksanaan Natal dan Tahun baru malah menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

Beberapa penekanan Kapolri saat pelaksaan Ops Lilin 2020 yaitu siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, kemudian lakukan deteksi dini sebagai antisipasi mencegah aksi meresahkan masyarakat.

Kemudian meningkatkan kepekaan dan kewaspdaan serta kesiapsiagaan antisipasi aksi teror serta kriminalitas yang memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru.

Kapolri juga mengatakan, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, dan persiapkan peralatan yang memadai serta tetap saling body sistem dengan rekan kerja selama pelaksanaan pengamanan.

"Berikan pelayanan yang humanis namun tegas dalam penegakan hukum, Libatkan instansi lain dalam pelaksaan ops lilin agar pelaksanan berhasil sesui jadwal yang di tentukan," bunyi amanat Kapolri.

Di akhir amanatnya, Kapolri mengatakan tetaplah jadi tauladan bagi keluarga dan rekan kerja. Jangan lupa terus menerapkan dan mengimbau masyakarat agar mematuhi protokol kesehatan.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi