Pesan Bupati dalam Pelantikan Pengurus KONI Palas 2020-2024

Pesan Bupati dalam Pelantikan Pengurus KONI Palas 2020-2024
Bupati Padang Lawas, Ali Sutan Harahap, menyaksikan pelantikan Pengurus KONI Palas 2020-2024 (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Pengurus KONI Padang Lawas diharapkan bergerak cepat dalam membenahi organisasi, temasuk membentuk koordinator-koordinator kecamatan sebagai wadah untuk mengorganisir dan membina potensi atlet yang ada di seluruh desa.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KONI Provinsi Sumatera Utara, Sakiruddin, usai melantik pengurus KONI Padang Lawas periode 2020-2024 di Asrama Haji Sibuhuan, Rabu (23/12).

Sakiruddin menyam­paikan keberadaan KONI Padang Lawas sangat penting dan strategis, terutama dalam mempersiapkan Sumut sebagai tuan rumah PON XXI/2024 bersama Aceh.

"KONI memiliki hubungan dengan pemerintah dalam hal pembinaan. Untuk itu marilah bersinergitas memajukan olahraga dalam jangka panjang," kata Sakiruddin.

Usai pelantikan, menurutnya langkah yang harus dibenahi adalah pembentukan koordinator kecamatan.

"Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional juga menggariskan bahwa KONI ada­lah mitra pemerintah di bidang pembinaan olahraga prestasi. Kiranya wajar jika hal ini menjadi perhatian Pemkab," jelasnya.

Sementara itu Bupati Padang Lawas, Ali Sutan Harahap mengatakan, pemerintah daerah akan terlibat secara aktif dalam meningkatkan olahraga.

"Olahraga merupakan kebutuhan pokok yang sangat berpengaruh dalam pemba­ngunan jasmani dan rohani setiap insan menuju masyarakat sehat dan maju," kata Ali Sutan Harahap.

Ali juga mengimbau agar pelantikan ini tidak dijadikan ajang seremonial belaka, tetapi harus berjalan sesuai dengan program yang ada.

"Kita berharap pembinaan terhadap atlet Palas bisa terus dilakukan sehingga bisa menorehkan prestasi," ujarnya.

Akibat minimnya pembinaan terhadap bakat putra putri Padang Lawas, Ali menyebut dalam persiapan melamar polisi maupun tentara mereka sering mengalami kendala.

"KONI sebagai induk olahraga selama ini telah berperan dalam meningkatkan SDM dan kemajuan pemba­ngu­­nan dunia olahraga. Na­mun tantangan yang diha­dapi KONI semakin berat. Karena­nya KONI mesti meningkatkan perannya serta memiliki penge­lolaan manajemen yang baik," tukas Ali Sutan Harahap.

Ikut hadir dalam pelantikan Wakil Bendahara KONI Sumut, TP Sihombing, Ketua Bidang Organisasi, M. Syahrir, dan Ketua Bidang Pengolahan Data, Muhammad Zeinizen.

(ATS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi