Diasuh Pep dan Luis, Messi: Dua Pelatih Terbaik

Diasuh Pep dan Luis, Messi: Dua Pelatih Terbaik
Pep Guardiola, Lionel Messi dan Luis Enrique (Marca)

Analisadaily.com, Spanyol - Lionel Messi sangat memuji dua mantan pelatihnya di Barcelona, yakni Pep Guardiola dan Luis Enrique. Hal itu ia sampaikan selama sesi wawancara dengan Jordi Evole, yang ditayangkan di LaSexta.

Kapten Barcelona menyampaikan apa yang ia pelajari di bawah dua pelatih itu dan bisa membantunya untuk meningkatkan kualitas sebagai pemain.

"Pep memiliki sesuatu yang istimewa. Dia membuat Anda melihat sesuatu dengan satu cara: bagaimana dia mempersiapkan diri untuk pertandingan, bertahan, bagaimana menyerang. Dia memberi tahu Anda bagaimana pertandingan itu akan terjadi, bagaimana Anda harus menyerang untuk menang," kata dilansir dari Marca, Minggu (27/12).

"Saya beruntung, dalam tanda kutip, untuk berlatih di bawah Guardiola dan Luis Enrique, dua yang terbaik. Memiliki mereka membuat saya banyak berkembang secara fisik dan mental, dan juga kebijaksanaan taktis yang mereka ajarkan kepada saya,” ujarnya.

Guardiola melatih Messi dari musim 2008-2009 hingga akhir musim 2011-2012, di mana Barcelona memenangkan 14 trofi. Secara pribadi, pemain Argentina itu memenangkan tiga penghargaan Ballon d'Or, dua Sepatu Emas Eropa dan dua Pichichis.

Tidak hanya bersama Pep, Messi juga pernah berada di bawah binaan Luis Enrique selama musim 2014-2015 hingga 2016-2017 dan saat itu Barcelona mengangkat sembilan trofi. Secara individu, Messi memenangkan satu Ballon d'Or, satu Sepatu Emas Eropa dan satu Pichichi.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi