SMKN I Dolokmasihul Launching Showroom Kewirausahaan

SMKN I Dolokmasihul Launching Showroom Kewirausahaan
Launching showroom kewirausahaan (Analisadaily/Efendi Lubis)

Analisadaily.com, Dolokmasihul - SMKN I Dolokmasihul Serdang Bedagai, di bawah pimpinan Kepala Sekolah, Rasimah, launching showroom kewirausahaan.

Rasimah mengatakan, sekolah kejuruan yang didirikan 2011, saat ini memiliki 18 rombongan belajar. Terdapat 4 kompetensi keahlian atau jurusan, Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Instalasi Jaringan Listrik (TIJL) dan Multi Media.

“Dalam pelaksanaannya, sekolah dituntut untuk melakukan beberapa langkah kegiatan seperti pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis kewirausahaan kepada guru, pelatihan kewirausahaan kepada siswa dengan mengundang guru tamu dari IDUKA Industri, dan dunia kerja,” kata Rasimah, Selasa (29/12).

“Showroom ini juga disebut dengan CSP singkatan dari Citra SMK Produksi. Ada lima usaha yang dilayani di showroom ini, yakni percetakan foto dan videografi, jaringan komputer, reparasi elektronik, dan welding atau pengelasan,” sambungnya.

Keluarga besar SMKN 1 Dolokmasihul mengajak kepada seluruh warga, khususnya warga Dolokmasihul dan sekitarnya untuk memanfaatkan showroom agar siswa menjadi entrepreneur yang membanggakan.

Kacabdis Pendidikan Kejuruan Kecamatan Sei Rampah, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Yeddi Effendi Sipayung, saat meresmikan menyebut, apa yang dilakukan SMKN I Dolokmasihul sebaiknya juga dibuat oleh kepala sekolah lainnya.

“Ajarkan anak-anak murid dalam hal manajemen kewirausahaan,” tandasnya.

(FEL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi