Bupati dan FKPD Palas Tes Swab di Mobil Combat PCR Covid-19

Bupati dan FKPD Palas Tes Swab di Mobil Combat PCR Covid-19
Bupati Palas, Ali Sutan Harahap, melihat mobil Combat PCR Covid-19 (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Bupati Padang Lawas (Palas), Ali Sutan Harahap, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) menjalani tes swab untuk uji fungsi mobil combat Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19, Rabu (13/1).

Tes swab dilakukan dalam rangka mempercepat pengendalian penularan Covid-19 sekaligus untuk menguji pengoperasian mobil combat PCR Covid-19.

Dalam tes sweb itu Ali Sutan Harahap didampingi Wakil Bupati Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekretaris Daerah Arpan Nasution, Ketua DPRD Palas Amran Pikal Siregar, Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito, Kejari Palas Kristanti YP, serta beberapa pimpinan OPD.

Menurut Plt. Kadis Kesehatan Palas, Ummi Sahara Matondang, ini merupakan hari kedua pelaksanaan uji fungsi mobil combat PCR Covid-19 Palas yang melibatkan Bupati dan unsur FKPD.

Menurutnya pengadaan mobil PCR ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Palas dalam mempercepat pengendalian penularan Covid-19 dan juga jawaban dari keputusan Menteri Kesehatan Nomor 413 tahun 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Dalam dua hari ini sudah ada 24 orang yang mengikuti tes swab cepat yang melibatkan sejumlah pejabat publik, termasuk bupati, wakil bupati dan unsur FKPD serta sejumlah OPD," kata Ummi Sahara.

Pelaksanaan uji fungsi mobil combat PCR Covid-19 akan berlangsung selama empat hari. Sementara hasil tes swab melalui lab mobil combat PCR bisa diperoleh dalam waktu dua jam.

Tim penanggungjawab mobil combat PCR Palas adalah dr. M. Danil Hamid HSB, Sp.PK selaku dokter spesialis patologi klinik dan dr. M. Ilham Syuhri Siregar sebagai PIC yang dibantu tiga orang analis bersama dua kapten.

Dalam kesempatan itu Bupati Palas bersama Kapolres tetap mengimbau agar seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, menghindari kerumunan, memakai masker dan sering cuci tangan pakai sabun.

(ATS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi