Musim Gugur Daun, Pabrik Karet Kesulitan Bahan Baku

Musim Gugur Daun, Pabrik Karet Kesulitan Bahan Baku
Pohon karet (Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sekretaris Eksekutif Gabungan Pengusaha Karet Indonesia-Sumatera Utara (Gapkindo Sumut), Edy Irwansyah mengatakan, pada akhir Desember 2020 mulai terlihat ada sedikit kebun karet mengalami gugur daun.

“Pertengahan Januari 2021, pada kabupaten tertentu kondisi gugur daun sudah melebihi 50 persen,” kata Edy, Jumat (15/1).

Disebutkannya, diperkirakan puncak gugur daun akan terjadi akhir Februari sampai awal Maret 2021. Sepanjang Januari-Maret 2021 diperkirakan produksi kebun berkurang 45 persen.

“Gugur daun yang terjadi ini adalah gugur daun alami atau gugur daun primer yang merupakan proses alami, secara fisiologi tanaman mengantisipasi ketersediaan air pada musim kemarau,” sebutnya.

Edy menyebut, saat ini, pabrik pengolahan karet di Sumut sudah mengalami kesulitan bahan baku. Kekurangan pasokan ini diatasi dengan pembelian dari provinsi lain.

“Konsekuensinya harga beli semakin tinggi. Bila pasokan dari provinsi lain tidak mencukupi, dampaknya volume ekspor akan mengalami penurunan,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi