Komite Olimpiade Tokyo Tambah Kuota Perempuan

Komite Olimpiade Tokyo Tambah Kuota Perempuan
Seorang pria mengenakan masker pelindung di tengah wabah virus Corona di depan arena Olimpiade raksasa di Tokyo, Jepang, 13 Januari 2021. (Reuters/Kim Kyung-Hoon)

Analisadaily.com, Tokyo - Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo diperkirakan akan menambahkan setidaknya 11 wanita ke dewannya saat panel tersebut memperluas panel menjadi 45 dari 35.

Berita di Fuji Network News (FNN) muncul setelah komentar Ketua Panitia Penyelenggara Tokyo 2020, Seiko Hashimoto, yang menegaskan kembali tujuan bagi perempuan untuk mengisi 40 persen dari dewan.

"Panitia sekarang dalam tahap akhir pengambilan keputusan dengan laporan media domestik menambahkan, anggota baru akan mencakup mantan Olimpiade dan mereka yang memiliki pengalaman di bidang atletik dan akademisi," kata dia dalam FNN dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (27/2).

Dengan wanita sekarang menempati hanya tujuh, atau 20 persen dari 34 tempat di dewan, penunjukan 11 lagi akan membuat bagian mereka menjadi 40 persen.

Hashimoto menggantikan, mantan perdana menteri berusia 83 tahun Yoshiro Mori pekan lalu, menyusul pengunduran dirinya setelah kehebohan atas pernyataan seksis tentang perempuan.

Olimpiade, yang ditunda dari tahun lalu karena pandemi virus Corona, akan berlangsung dari 23 Juli hingga 8 Agustus, dan Paralimpiade dari 24 Agustus hingga 5 September.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi