Mengedukasi Pertanian di Dairi Melalui Literasi

Mengedukasi Pertanian di Dairi Melalui Literasi
Bupati Dairi. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Dairi - Kabupaten Dairi saat ini sedang betumbuh melakukan inovasi pembangunan daerah termasuk sektor pertanian kopi. Kondisi lahan yang subur merupakan anugerah dalam menghasilkan buah kopi yang berkualitas.

Beberapa program strategis akan dicanangkan untuk lebih mengembangkan pertanian kopi.

“Kita rencanakan membuat program coffee of school, program untuk belajar menanam kopi proses dari awal hingga akhir untuk menghasilkan kopi terbaik,” ujar Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu.

Selain itu, ia juga akan mengadakan festival kopi serta digitalisasi pemasaran kopi agar dapat dibeli dari berbagai konsumen dalam negeri dan luar negeri.

Dalam kunjungannya Minggu, (28/2/), Anggota Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara, Alkaushar Lingga mengapresiasi program yang dicanangkan Bupati Dairi serta menyampaikan menggunakan pendekatan literasi dalam pengembangan pertanian kopi.

“Program Bapak Bupati Dairi sangat bagus dalam mengembalikan kejayaan kopi Dairi, kita juga berharap Pak Eddy Keleng Ate Berutu juga menggunakan pendekatan literasi dalam budidaya kopi. Misal edukasi tentang penanaman kopi memanfaatkan ilmu atau informasi dari buku-buku. Sehingga petani selalu mendapatkan pengetahuan baru termasuk calon petani melenial,” katanya.

Ia menjelaskan, pengaplikasian perpustakaan berbasis inkusi sosial dapat diterapkan di Dairi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Dairi mengamini hal tersebut dan menjelaskan bahwa di Kabupaten Dairi akan dibangun perpustakaan berbasis inklusi sosial bantuan dari Perpusnas.

“Akan dibangun perpustakaan berbasis inkusi sosial di Dairi, selain buku dilengkapi dengan komputer dan akses internet sehingga dapat menjadi wadah pelatihan bagi masyarakat.” ujarnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi