Rektor USU Muryanto Amin Bahas Kerja Sama Internasional dengan Dubes India

Rektor USU Muryanto Amin Bahas Kerja Sama Internasional dengan Dubes India
Rektor USU Muryanto Amin foto bersama Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti dan Konsulat Jenderal India di Medan Shri Raghu Gururaj. (Analisadaily/Bambang Riyanto)

Analisadaily.com, Medan - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara. Dalam kunjungannya, didampingi Konsulat Jenderal India di Medan Shri Raghu Gururaj bertemu dengan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin di Rumah Dinas Rektor, Rabu (3/3).

Mury dalam kesempatan itu mengatakan merasa bangga dan suatu kehormatan dalam kunjungan kerja pertamanya ke Medan, Dubes India memilih USU untuk dikunjungi.

"Kami berharap dengan kunjungan ini melahirkan suatu kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujar Mury didampingi Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) USU Dr Esther Nababan, MSc, Ka Humas Elvi Sumanti dan Sekretaris Prodi Sastra Inggris Rahmadsyah Rangkuti PhD yang merupakan alumni universitas di India.

Lebih jauh, Mury menjelaskan, bahwa kebudayaan Medan sangat beragam, salah satunya adalah India. "Karenanya di Medan ada The Little India," ujarnya.

Rektor juga berharap, kedatangan Dubes India Manoj Kumar Bharti bisa membawa kerja sama yang lebih mendalam dalam menyokong internasionalisasi USU.

Dubes India Manoj Kumar Bharti memberikan buku kepada Rektor USU Muryanto Amin.
"Salah satu bentuk kerja sama misalnya dengan pertukaran mahasiswa, atau staf pengajar. Bisa juga dalam bentuk kuliah umum," tegasnya.

Dubes India Manoj Kumar Bharti mengatakan, pihaknya memilih USU dalam kunjungannya bukan tanpa sebab. "Sebuah kehormatan bisa mengunjungi USU, karena USU merupakan universitas terkemuka di Indonesia yang memiliki banyak mahasiswa," katanya.

Manoj juga sangat berharap dirinya bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan, khususnya tentang kebudayaan India kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia.

"Tentu akan sangat menyenangkan bila saya bisa langsung memperkenalkan langsung dan berdialog dengan mahasiswa tentang kebudayaan India," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Manoj juga membuka peluang pemberian beasiswa kepada mahasiswa atau staf pengajar yang berpengalaman untuk menempuh studi di India.

Rektor USU menyambut baik tawaran itu dan berjanji akan menindaklanjutinya, melalui KUI USU. Kunjungan yang penuh keakraban dan kehangatan itu ditutup dengan saling tukar cinderamata.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi