Buka Pintu Darurat Pesawat, Penumpang Tujuan Gunungsitoli Diamankan

Buka Pintu Darurat Pesawat, Penumpang Tujuan Gunungsitoli Diamankan
Wings Air (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kualanamu - Seorang penumpang pesawat Wings Air tujuan Gunung Sitoli berinisial HS (29) diamankan petugas Bandara Kualanamu.

Pasalnya, saat proses persiapan keberangkatan selesai dan seluruh penumpang sudah berada di dalam kabin, tiba-tiba membuka jendela darurat (emergency exit window).

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro yang dikonfirmasi Analisadaily.com, Minggu (7/3), membenarkannya.

“Penumpang seorang laki-laki memiliki nomor kursi 3A. Saat ini sudah diserahkan pada petugas keamanan untuk proses selanjutnya,” terangnya.

Lanjut Danang, atas kondisi tersebut sempat seluruh penumpang terpaksa diturunkan, dan diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan bandar udara. Alhasil jadwal penerbangan semestinya, 08.45 WIB mengakibatkan keterlambatan sekitar 55 menit.

Saat ini pesawat telah diberangkatkan kembali pada 09.40 WIB dengan menggunakan pesawat Wings Air yang lain yakni ATR 72-600 registrasi PK-WHM. Pesawat mendarat di Gunung Sitoli pukul 10.45 WIB.

Danang berharap kepada seluruh penumpang untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan saat di darat serta sedang mengudara.

Tindakan yang dilakukan oleh penumpang indisipliner atau unruly/ disruptive passenger akan mendapatkan sanksi tegas dan memiliki konsekuensi hukum.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi