Dalai Lama Imbau Warga Agar Mau Divaksin

Dalai Lama Imbau Warga Agar Mau Divaksin
Dalai Lama menerima vaksin di rumah sakit Zonal. (Handout/EPA Kantor Dalai Lama)

Analisadaily.com, Tibet - Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet, diberikan suntikan pertama vaksin Covid-19 di sebuah rumah sakit di kota bukit India utara dari Dharamshala. Setelah mendapatnya, ia pun mengimbau masyarakat agar berani divaksinasi.

“Untuk mencegah beberapa masalah serius, suntikan ini sangat-sangat membantu,” kata pria berusia 85 tahun itu dilansir dari The Guardian, Minggu (7/3).

Dr GD Gupta, dari rumah sakit Zonal, tempat suntikan dilakukan mengatakan, Dalai Lama diobservasi selama 30 menit setelahnya.

“Dia menawarkan untuk datang ke rumah sakit seperti orang biasa untuk divaksinasi,” kata Gupta.

Sepuluh orang lainnya yang tinggal di kediaman Dalai Lama juga divaksinasi. Ke-11 orang tersebut menerima vaksin Covishield, versi vaksin Oxford/AstraZeneca, yang diproduksi oleh Serum Institute India.

India telah mengonfirmasi lebih dari 11 juta kasus virus korona dan lebih dari 157.000 kematian. Negara, yang memiliki beban kasus tertinggi kedua di dunia setelah AS, memulai kampanye vaksinasi pada Januari , dimulai dengan perawatan kesehatan dan pekerja garis depan.

Awal bulan ini, ia memperluas dorongan inokulasi untuk orang tua dan orang-orang dengan kondisi medis yang membuat mereka berisiko.

Dalai Lama menjadikan Dharamshala sebagai markas besarnya pada tahun 1959, melarikan diri dari Tibet setelah pemberontakan yang gagal melawan pemerintahan Tiongkok. China tidak mengakui pemerintah Tibet di pengasingan dan menuduh Dalai Lama berusaha memisahkan Tibet dari China.

Dalai Lama menyangkal menjadi seorang separatis dan mengatakan dia hanya mengadvokasi otonomi substansial dan perlindungan budaya asli Buddha di wilayah itu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi