Afrika Kekurangan 470 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Afrika Kekurangan 470 Juta Dosis Vaksin Covid-19
Seorang dokter menunjukkan botol vaksin Oxford-AstraZeneca Covid-19 di Pusat Kesehatan Vijana di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo, pada 19 Mei 2021. (AFP/Arsene Mpiana)

Analisadaily.com, Kongo - Afrika menghadapi kekurangan 470 juta dosis vaksin Covid-19 tahun ini setelah aliansi COVAX memotong pengiriman yang diproyeksikan. Keadaan itu dinilai bisa meningkatkan risiko varian baru dan mematikan.

Unit badan global Afrika menyatakan, hanya 17 persen dari populasi benua itu sekarang akan divaksinasi pada akhir tahun ini, dibandingkan dengan target 40 persen yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Ketidaksetaraan yang mengejutkan dan kelambatan yang parah dalam pengiriman vaksin mengancam untuk mengubah daerah di Afrika menjadi tempat berkembang biak bagi varian yang resistan terhadap vaksin. Ini bisa membuat seluruh dunia kembali ke titik awal," kata Direktur Afrika WHO, Matshidiso Moeti dilansir dari Channel News Asia, Jumat (17/9).

Karena kekurangan global, aliansi COVAX yang dibentuk untuk memastikan pengiriman vaksin yang adil, akan mengirimkan sekitar 150 juta lebih sedikit dosis vaksin ke Afrika dari yang direncanakan.

Mempertimbangkan kekurangan ini, 470 juta dosis vaksin yang sekarang diharapkan di Afrika akan memungkinkan hanya 17 persen dari populasi untuk dilindungi sepenuhnya.

"Selama negara-negara kaya mengunci COVAX dari pasar, Afrika akan kehilangan tujuan vaksinasinya," kata Moetti.

Kata dia, pengurangan target vaksinasi terjadi ketika Afrika melewati angka 8 juta infeksi minggu ini.

Sekitar 95 juta dosis seharusnya telah diterima di Afrika melalui COVAX pada bulan September, tetapi meskipun pengiriman dimulai kembali, Afrika hanya mampu memvaksinasi 50 juta orang, atau 3.6 persen dari populasinya.

Mekanisme pendanaan internasional COVAX seharusnya memungkinkan 92 negara bagian dan teritori yang kurang beruntung untuk menerima vaksin gratis yang didanai oleh negara-negara yang lebih makmur.

Pekan lalu, ia merevisi perkiraannya ke bawah, menjelaskan kurangnya dosis dengan larangan ekspor, prioritas yang diberikan kepada perjanjian bilateral antara produsen dan negara, dan keterlambatan dalam mengajukan aplikasi untuk persetujuan, diantara alasan lainnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi