India Targetkan Medali Emas di Olimpiade Tokyo 'Dua Digit'

India Targetkan Medali Emas di Olimpiade Tokyo 'Dua Digit'
Pebulutangkis tunggal putri India, Pusarla V Sindhu melawan Carolina Marin dari Spanyol di final Olimpiade Rio 2016 di Riocentro Pavilion 4 di Rio de Janeiro pada 19 Agustus 2016. (Reuters/Marcelo del Pozo)

Analisadaily.com, New Delhi - India menetapkan target perolehan medali Olimpiade menjadi "dua digit" di Tokyo, dengan pejabat olahraga tertinggi negara itu berjanji setiap bantuan kepada para atlet.

Negara terpadat kedua di dunia telah menjadi juara Olimpiade, dan enam medali yang dimenangkan tim di London 2012 tetap menjadi yang terbaik untuk negara berpenduduk 1,4 miliar.

"Sebagai negara besar, India harus memainkan peran yang lebih besar dalam seluruh gerakan Olimpiade, dan salah satu hal yang dapat kami lakukan adalah dengan memenangkan lebih banyak medali. Porsi medali Olimpiade kami harus meningkat," kata menteri olahraga, Kiren Rijuju dilansir dari Channel News Asia, Rabu (14/4).

"Kami perlu mencetak rekor nasional di Olimpiade Tokyo. India harus melewati dua digit. Kami akan menjaga setiap kebutuhan para atlet, mereka hanya perlu tampil. Kami ingin menjadikan Olimpiade ini berkesan. Para atletlah yang akan memastikan bahwa Olimpiade Tokyo menjadi salah satu Olimpiade yang paling disayangi untuk India," kata dia.

Presiden Asosiasi Olimpiade India (IOA), Narinder Batra berbagi optimisme Rijuju.

"Kami di IOA sangat yakin, di Olimpiade Tokyo, kami akan memperbaiki semua rekor kami dan finis dengan medali dua digit," kata Batra, yang juga mengepalai Federasi Hoki Internasional (FIH).

Rijuju menambahkan, persiapan Olimpiade India di masa lalu tidak selalu ideal, tetapi kementeriannya akan memastikan para atlet dapat memanfaatkan sisa latihan mereka selama 100 hari.

"Pada Olimpiade sebelumnya, ada keluhan tentang beberapa kekurangan atau yang lainnya. Tapi kami sudah memastikan bukan itu masalahnya kali ini. Kementerian telah menyediakan segala sesuatu yang diperlukan dan akan terus melakukannya. Sekarang saatnya para atlet mengirimkannya," tambahnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi