Aktif Bangun Masjid, Tokoh Agama Apresiasi Personel Polres Taput

Aktif Bangun Masjid, Tokoh Agama Apresiasi Personel Polres Taput
Bripka Junior Hutabarat terlibat aktif dalam pembangunan Masjid Al Huda Simajambu Simangumban (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Simangumban - Tokoh agama dan masyarakat mengapreasiasi sosok personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Pahae Jae, Polres Tapanuli Utara (Taput) yang bertugas di Kecamatan Simangumban, Bripka Junior Hutabarat.

Betapa tidak, Bripka Junior Hutabarat dinilai seorang polisi yang berjiwa sosial tinggi karena terlibat aktif dan berperan besar dalam menggalang dana pembangunan Masjid Al Huda Simajambu.

Masjid Al Huda Simajambu kini berdiri megah dan menelayan biaya sekitar Rp 2 miliar di Jalan Pahae-Sipirok Desa Simangumban Jae, Kecamatan Simangumban, Tapanuli Utara

"Jadi kami mengakui dan apresiasi Bhabinkabtibmas J. Hutabarat karena dia sangat berjiwa sosial membantu masyarakat dan telah berperan menginisiasi dan menggalangan dana untuk pembangunan masjid ini yang diperkirakan berbiaya Rp 2 miliar," ujar seorang tokoh agama sekaligus panitia pembangunan Masjid Al Huda Simajambu, Pardamean Simanjuntak, Rabu (28/4).

Pardamean mengatakan, meskipun Junior Hutabarat beragama nasrani, namun dia pula yang menginisiasi proses pembangunan masjid sejak awal.

"Dia (Bhabinkabtibmas Junior Hutabarat) mengatakan kepada saya, kita realisasikan aja pembangunan masjid itu karena kalau kalian sholat sudah ada yang di luar. Seandainya hujan datang kalau sholat kalian sudah basah," ungkap Pardamean Simanjuntak menirukan ucapan Bripka Junior Hutabarat.

Menurutnya, selain menginisiasi proses pembangunan masjid, Bripka Junior Hutabarat juga terlibat aktif mengajak masyarakat bergotong-royong untuk membangun masjid.

"Jadi tidak hanya penggalangan dana saja, tapi dia juga ikut aktif dan mengajak masyarakat bergotong-royong untuk membangun masjid," katanya.

Untuk itu dia mengatakan sosok polisi seperti Bripka Junior Hutabarat ini yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kami terharu, dia bergaul dengan masyarakat dan selalu berbuat kebaikan kepada masyarakat," ungkapnya.

Pardamean menyebut, sebagai bentuk pernghargaan, pihaknya memberikan kepercayaan sebagai pembina pengajian kepada Bripka Junior Hutabarat.

"Ini kami berikan sebagai bentuk penghargaan karena dia telah ikut berperan aktif dalam upaya pembangunan masjid," ujar Pardamean.

Hal senada disampaikan, tokoh masyarakat Desa Simangumban Jae, Samsir Ritonga.

Menurutnya sejak berdiri tahun 1806 tahun silam, Masjid Al Huda Simajambu awalnya merupakan masjid panggung.

"Namun sekarang masjid sudah berdiri megah setelah dibangun dengan penggalangan dana yang dibantu oleh anggota Bhabinkamtibmas Polres Taput Bripka Junior Hutabarat," katanya.

Sementara itu Bripka Junior Hutabarat mengakui bahwa dirinya memang terlibat aktif dalam penggalangan dana sebagai upaya meraliasikan pembangunan masjid.

Dia mengatakan hal itu dilakukan sebagai bentuk empati dan perhatian kepada masyarakat binaannya.

"Jadi selain tugas dan kewajiban saya sebagai anggota bhabinkabtibmas, saya punya prinsip bahwa hidup itu harus bermanfaat bagi orang lain dan saya hanya berusa melakukan yang terbaik bagi masyarakat," ujarnya.

Dia juga mengakui dana pembangunan Masjid Al Huda Simajambu diperoleh dari infak, sumbangan donatur seperti para pengusaha, infak jalanan, dan pihak-pihak lain.

(CAN/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi