Surat Harry dan Meghan Kepada Produsen Vaksin Corona

Surat Harry dan Meghan Kepada Produsen Vaksin Corona
Pangeran Harry dan Meghan Markle (Aceshowbiz/WENN)

Analisadaily.com, Los Angeles - Pangeran Harry dan Meghan, mendesak perusahaan farmasi untuk berbuat lebih banyak membantu mereka di negara berkembang mendapatkan akses vaksinasi virus Corona.

Pasangan ini telah menulis surat terbuka kepada CEO Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Johnson & Johnson, dan Norovax untuk meminta mereka bertindak dengan tujuan, tanggung jawab, dan kepemimpinan yang luar biasa dan menggunakan setiap tindakan yang mungkin untuk meningkatkan pasokan global.

Sebagai bagian dari kampanye mereka untuk memastikan akses vaksin yang adil secara global, pasangan suami istri ini pun menulis surat kepada para produsen vaksin tersebut.

"Dunia berhutang budi kepada Anda karena telah memimpin keberhasilan pengembangan dan pembuatan vaksin yang aman dan efektif melawan Covid-19. Ini dicapai dalam waktu singkat, di tengah pandemi global sekali dalam seabad. Ini benar-benar bukti dari apa yang bisa dicapai ketika mitra bekerja sama menuju tujuan bersama," isi suratnya dilansir dari Aceshowbiz, Sabtu (8/5).

"Namun, pandemi telah memperburuk ketimpangan kesehatan, sosial, dan ekonomi secara global. Peluncuran vaksin global sejauh ini semakin memperdalam kesenjangan ini, dengan populasi termiskin dan paling terpinggirkan yang paling terkena dampak negatif. Per 1 Mei, lebih dari 80 persen dari 1,2 miliar dosis vaksin yang diberikan secara global telah terjadi di negara-negara berpenghasilan tinggi dan menengah ke atas sementara negara-negara berpenghasilan paling rendah telah memberikan hanya 0.4 persen," ujarnya.

"Seperti yang kita lihat di negara-negara seperti India, urgensi untuk memberikan dosis sekarang untuk menyelamatkan nyawa dan menghentikan penyebaran Covid-19 semakin meningkat. Itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk memastikan akses vaksin yang adil secara global sehingga orang-orang terlindungi, ekonomi dapat pulih, dan pandemi global ini dapat diakhiri di mana-mana," kata mereka.

"Oleh karena itu, kami yang bertanda tangan di bawah ini, mendukung Warga Global yang ingin melihat produsen vaksin Covid-19 bertindak dengan tujuan, tanggung jawab, dan kepemimpinan yang luar biasa dalam menanggapi krisis ekuitas ini," pintanya.

Di antara saran mereka dalam catatan, yang diterbitkan Global Citizen, Pangeran Harry dan Meghan menyarankan penangguhan sementara atas kekayaan intelektual dan kolaborasi publik-swasta global yang luar biasa yang menghasilkan transfer teknologi dan pengetahuan yang lebih luas.

Mereka juga mendesak bos Pfizer dan Moderna untuk mengikuti jejak Astra Zeneca, yang telah bersumpah untuk tidak mengambil untung dari vaksin selama pandemi dan memasok setidaknya 100 juta dosis suntikan dengan harga "nirlaba", dan untuk produsen untuk mempercepat penawaran mereka untuk inisiatif vaksin global COVAX.

Mereka mengakhiri catatan itu dengan mengimbau semua perusahaan untuk bekerja secara kolaboratif demi kebaikan yang lebih besar.

"Kami meminta Anda masing-masing untuk mengakhiri penentangan Anda terhadap tindakan ini dan bekerja sama dengan komunitas global untuk mencapai akses universal. Jika kita bekerja sama untuk kepentingan publik global, kita akan menyelamatkan nyawa dari risiko dan kita akan mengalahkan pandemi mematikan ini. Terima kasih atas pertimbangan Anda atas permintaan ini," ujarnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi