MUI Sumut Apresiasi Pengamanan Lebaran

MUI Sumut Apresiasi Pengamanan Lebaran
Ketua MUI Sumut, Maratua Simanjuntak (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Sumatera Utara yang dilakukan Polda Sumut dan Kodam I/Bukit Barisan saat dan usai Idul Fitri 1442 Hijriah berjalan aman dan kondusif.

"Saya lihat pengamanan yang dilakukan oleh Polda Sumut dan Kodam I/BB di Sumatera Utara kondusif," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, Maratua Simanjuntak, Sabtu (15/5).

Maratua mengatakan bahwa pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian, TNI serta yang terlibat untuk kenyamanan masyarakat menjelang sampai usai Idul Fitri dijalankan sesuai dengan aturan.

"Sudah sesuai dengan aturan yang mereka (TNI dan Polri) lakukan dalam pengamanan," ucapnya.

Terkait masyarakat yang dilarang mudik, Maratua mengungkapkan bahwa Polri dan TNI telah membuat pos-pos keamanan di perbatasan setiap daerah, baik di perbatasan antar kabupaten dan kota maupun di batas provinsi.

"Pengamanan untuk larangan mudik itu juga sebagai tindak lanjut dari peraturan pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19," ungkapnya.

Maratua menyebut bahwa pihaknya juga telah mengimbau warga agar tidak melakukan takbiran keliling. Imbauan itu sejalan dengan instruksi Kementerian Agama melalui Surat Edaran No 07 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di saat pandemi Covid-19.

"Imbauan itu semata-mata untuk menghindari kerumunan perayaan Idul Fitri supaya tidak menimbulkan kluster baru penularan Covid-19," tukasnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi